Yang Akan Dialami Tubuh Saat Menjalani Diet Keto

Anda sedanga menjalani diet keto?? Apakah anda tahu Yang Akan Dialami Tubuh Saat Menjalani Diet Keto? Jika belum, sebaiknya simak informasi lengkapnya mengenai yang dialami tubuh saat sedang diet keto berikut ini.

Yang Akan Dialami Tubuh Saat Menjalani Diet KetoYang Akan Dialami Tubuh Saat Menjalani Diet Keto | Berbagai diet belakangan ini bukan hanya menjadi cara sehat atau menurunkan berat badan. Tapi, kadang juga menjadi tren diberbagai kalangan tertentu. Salah satunya, diet yang selalu dilakukan para gym rat, alias orang-orang yang suka berolahraga termasuk para atlet.

Diet ini sering disebut sebagai Diet Keto atau Katogenic Diet. Sebenarnya, ini bukan diet baru dan memang sudah lama populer dikalangan orang-orang yang sua ngegym.

Mereka yang menjalani diet ini, mengurangi makan makanan mengandung karbohidrat dan justru memakan makanan yang tinggi lemak. Diet yang juga populer dengan sebutan low carb ini membuat anda boleh makan makanan enak sepuasnya.

Steak boleh, daging boleh, ayam boleh, hampir semua makanan enak boleh disantap, asalkan mengandung rendah karbohidrat. Tapi, diet ini juga tidak boleh sembarangan dilakukan. Karena anda harus paham terlebih dahulu yang namanya sistem ketosis, sebuah proses yang bikin tubuh lapar terhadap glukosa. Nah, glukosa ini digunakan tubuh sebagai bahan bakar.

Glukosa ini bisanya ditemui pada makanan tinggi kalori seperti terigu, biji-bijian, sayur, produk olahan susu, dan juga buah-buahan. Sementara, orang-orang yang melkukan diet keto, menggantinya menjadi makanan berlemak sebagai sumber utama glukosa. Sehingga lemak yang ada ditubuh akan diubah menjadi sumber energi. Lalu apa yang terjadi selama anda menjalani diet keto? berikut diantaranya :

  • TINGKAT INSULIN TURUN

Biasanya, setelah Anda makan nasi atau makanan yang mengandung glukosa, kadar insulin akan naik. Tapi ketika Anda berada dalam ketosis, kadar insulin akan turun, kata Steve Hertzler, PhD, RD peneliti ilmiah utama di EAS Sports Nutrition.

Dengan tingkat insulin yang lebih rendah, diyakini asam lemak lebih mudah dilepaskan dari jaringan tubuh, agar bisa digunakan untuk bahan bakar,” jelasnya.

Karena tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama dan bukan karbohidrat, tubuh akan membakar lebih banyak lemak, yang berarti Anda benar-benar bisa kehilangan beberapa kilogram dengan cepat.

  • RASA LAPAR BERKURANG

Karena Anda meningkatkan konsumsi protein, maka perut akan terasa kenyang lebih lama. Tapi di luar itu, diet ketogenik juga bisa berperan dalam menekan nafsu makan, kata Hertzler.

Satu teori adalah bahwa tubuh Anda merespons diet ketogen seperti layaknya keadaan puasa. Tubuh beradaptasi dengan pembakaran lemak sebagai bahan bakar, melepaskan keton ke dalam darah,” jelasnya. “Hal ini akan membuat sinyal lapar di otak berkurang.”

  • ANDA MULAI MERASA SAKIT

Keto dapat memiliki beberapa efek samping yang tidak menguntungkan, salah satunya dikenal sebagai “Keto Flu” atau gejala yang dialami sebagai satu transisi dari konsumsi karbohidrat menjadi lemak. Kemungkinan efek sampingnya meliputi sakit kepala, mual, keram otot dan kelelahan.

  • NAFAS JADI BERBAU

Anda mungkin perlu membawa beberapa permen mint untuk mengharumkan mulut.

Beberapa orang mungkin memiliki perubahan bau nafas pada saat diet ketogenik,” kata Hertzler. Mengapa perlu mengkonsumsi permen?

Salah satu keton yang diproduksi di hati adalah aseton dan itu memiliki bau khas,” kata Hertzler.

  • SULIT BUANG AIR BESAR

Karena tidak mendapatkan cukup serat dan nutrisi lainnya, Anda mungkin akan mengalami beberapa ketidaknyamanan pencernaan selama diet keto.

Pelaku keto diet sering mengalami sembelit sebagai gejala umum, karena asupan serat yang lebih rendah,” kata Hertzler.

Coba tambahkan suplemen serat rendah karbohidrat untuk memudahkan gejalanya.

  • TUBUH MUNGKIN AKAN MELAMBAT

Jika Anda seorang atlet, performa mungkin sedikit lamban pada tahap transisi awal. Sementara menyesuaikan diri dengan makanan jenis baru itu, tubuh mungkin akan merasa sedikit lelah. Sebenarnya, saat tubuh sudah membiasakan diri dengan ketosis, kinerja Anda mungkin akan meningkat.

Banyak atlet menemukan bahwa mereka bisa latihan intens lebih baik setelah menyesuaikan diri dengan diet keto,” katanya.

Meski begitu, hal yang harus digarisbawahi adalah bahwa efek diet ini tidak sama bagi setiap orang. Bila Anda dan tubuh Anda merasa cocok, maka cara ini bisa diteruskan. Namun bila tidak, Anda bisa mencoba jenis diet yang lain. Demikian mengenai Yang Akan Dialami Tubuh Saat Menjalani Diet Keto, semoga bermanfaat..

Baca Juga : Penyebab Seseorang Seringkali Mengalami De Javu | Tips praktis atasi ruam ketiak sehabis di cukur

Yang Akan Dialami Tubuh Saat Menjalani Diet Keto