Waspada, Asam Urat Tinggi Bisa Memicu Kerusakan Ginjal

Kerusakan pada ginjal dapat disebabkan oleh beragam penyakit, dari mulai kencing manis, hipertensi, dan tahukan anda bahwa kerusakan ginjal juga dapat sebabkan oleh asam urat. Waspada, Asam Urat Tinggi Bisa Memicu Kerusakan Ginjal.

Waspada, Asam Urat Tinggi Bisa Memicu Kerusakan GinjalWaspada, Asam Urat Tinggi Bisa Memicu Kerusakan Ginjal | Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung purin dapat menyebabkan asam urat. Zat purin ini biasanya tersimpan dalam makanan seperti jeroan, seafood, dan kangkung. Tak hanya mengakibatkan asam urat, lambat laun, kondisi ini juga berpengaruh terhadap kesehatan ginjal.

Dalam keadaan normal, ginjal seharusnya mengeluarkan kristal urat yang terbentuk akibat banyaknya asam urat dalam tubuh. Namun, ginjal yang mengalami gangguan tak mampu melakukan hal ini, sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan kristal urat di persendian.

Gangguan ginjal pun akan terjadi saat fungsinya sebagai penyaring darah terganggu akibat kristal asam urat. Dokter spesialis urologi dari Siloam Hospitals Jambi, dr. Wendi Rachman Sp.U membenarkan kondisi tersebut. “Asam urat yang tinggi berpotensi menyebabkan batu di ginjal,” ucapnya.

Baca Juga : Obat Herbal Kista Leher

Bentukan batu ginjal itu terdiri dari kandungan kalsium urat, oksalat, atau kalsium fosfat (bahan-bahan kimia) yang terpisah dari urin yang menumpuk di ginjal. Dokter Wendi menjelaskan bahwa, batu ginjal bisa terbentuk di dalam ginjal manusia, tepatnya di saluran ureter bagian atas atau bagian bawah.

Namun bisa juga berada di dalam kandung kemih,” katanya.

Untuk mencegah timbulnya batu ginjal, sebaiknya dimulai dengan menjaga pola makan dan menghindari makanan pencetusnya. Selain itu, Anda juga sebaiknya menjaga jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegah batu ginjal disarankan untuk minum minimal dua liter air sehari. Walatra Berry Jus

Gejala umum batu ginjal

Kewaspadaan terhadap ancaman penyakit batu ginjal sebaiknya dilakukan sejak dini. Salah satunya dengan mengetahui gejalanya, seperti nyeri, kram tajam di punggung, hingga sakit pada area ginjal dan sisi tubuh. Sebagian orang sering menganggapnya sebagai gejala masuk angin. Apalagi, rasa sakitnya sering berpindah-pindah di beberapa bagian tubuh.

Pada saat batu ginjal bergerak, di saat bersamaan tubuh kita mencoba untuk mendorongnya keluar. Akibat yang mungkin terjadi, darah muncul dalam urin sehingga warnanya berubah menjadi merah muda,” terang dr. Wendi.

Ketika mengalami demam dan rasa menggigil setelah munculnya gejala-gejala tersebut, artinya infeksi telah terjadi.

Penanganan Batu Ginjal

Jika anda sudah terdiagnosa batu ginjal, jangan bersedih hati!! Pasalnya saat ini solusi untuk mengatasi batu ginjal sudah di depan mata. Anda bisa mencoba ke pengobatan batu ginjal secara alami yaitu dengan cara mengkonsumsi obat herbal multikhasiat QnC Jelly Gamat. Obat qnc jelly gamat ini sudah terbukti ampuh dan teruji klinis mampu mengobati segala jenis penyakit termasuk batu ginjal ini. Dengan mengkonsumsi qnc jelly gamat ini anda dapat menyembuhkan batu ginjal sekaligus menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Terbuat dari 100% bahan alami berkhasiat, yang menjadikan Teripang Emas sebagai bahan utamanya, tanpa adanya campuran bahan kimia sedikitpun, sehingga aman dan tanpa efek samping. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi nomor kontak kami seperti yang tertera di sebelah kanan artikel ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

Waspada, Asam Urat Tinggi Bisa Memicu Kerusakan Ginjal