Tips Praktis Atasi Ruam Ketiak Sehabis Dicukur

Beberapa wanita mengalami masalah pada ketiak mereka setelah mencukurnya. Kulit menjadi kemerahan, kasar, bersisik dan bahkan timbul benjolan. Beberapa bahkan merasakan rasa gatal atau mungkin rasa terbakar.

Tips Praktis Atasi Ruam Ketiak Sehabis DicukurTips praktis atasi ruam ketiak sehabis di cukur | Selamat datang , selamat menyimak artikel sederhana milik alfian herbal yang akan mengulas tentang tips praktis atasi ruam ketiak sehabis dicukur. Tahukah anda apa penyebab ruam ruam pada ketiak? nah, ruam-ruam pada ketiak ini disebabkan oleh bakteri. Selain itu cara mencukur yang tak benar, produk deodoran yang tak tepat dan juga kebersihan yang tak terjaga jadi beberapa faktor penyebab ruam ketiak. Berikut ini kami akan coba hadirkan tips-tips mudah untuk mengatasi ruam pada ketiak.

Metode 1 dari 2: Mengatasi Penyebab Masalah

  1. Atasi infeksi di bagian ketiak yang disebabkan oleh penyumbatan atau iritasi folikel rambut. Kondisi ini disebut dengan folikulitis. Folikulitis terjadi saat folikel rambut mengalami kerusakan akibat berbagai hal, dan kemudian terinfeksi. Untungnya, kondisi yang mengiritasi ini dapat dihindari dan diatasi.Caranya :-Kenakan pakaian yang tidak terlalu ketat di bagian ketiak. Gesekan ketiak dengan pakaian dapat menyebabkan iritasi.
    -Kenakan pakaian yang memungkinkan kulit Anda bernapas, khususnya bila Anda tinggal di daerah beriklim hangat.
    -Pastikan Anda tidak sensitif atau alergi terhadap bahan pakaian tertentu, seperti wool.
    -Cuci pakaian Anda dengan detergen yang lembut. Jangan gunakan pelembut pakaian.
  2. Berhentilah mencukur bulu ketiak Anda untuk mengetahui apakah ini merupakan penyebab iritasi kulit ketiak Anda. Bercukur bisa menyebabkan pertumbuhan bulu di bawah kulit bahkan terinfeksi. Cobalah waxing atau menggunakan bahan penghilang bulu, hingga kulit ketiak Anda membaik.
  3. Hentikan penggunakan deodoran, sabun atau bedak yang mengiritasi kulit. Deodoran seringkali mengandung aluminium, parfum, alkohol dan paraben – yang seluruhnya dapat memicu ruam kulit. Deodoran merupakan penyebab gatal dan ruam kulit ketiak yang paling mudah untuk diatasi.Caranya : -Cobalah produk tertentu untuk melihat reaksi kulit Anda. Cobalah menggunakan deodoran tanpa parfum terlebih dahulu. Jika ruam kulit Anda tidak juga sembuh, coba ganti dengan produk lainnya, misalnya sabun tanpa parfum. Jika ruam kulit ketiak Anda juga tidak sembuh, konsultasilah dengan dokter. -Cobalah deodoran yang tidak mengiritasi jika Anda mengira deodoran atau antiperspiran Anda merupakan penyebab ruam kulit ketiak Anda.

    -Kalium Alum: Kalium Alum adalah suatu mineral yang memiliki sifat astringent dan antiseptik. Walaupun bahan ini tidak mencegah perpirasi, tetapi cukup efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk padatan, dengan harga yang cukup murah.

    -Soda kue: Campurkan seperdelapan sendok teh soda kue dengan sedikit air — jangan melarutkannya — dan oleskan di ketiak Anda. Jika Anda mau, Anda juga bisa mengoleskan sedikit soda kue dan tepung jagung di ketiak Anda untuk mengeringkannya.

    -Lemon: Asam sitrat di dalam air jeruk lemon juga dapat membunuh bakteri di ketiak Anda. Ambil sedikit lemon dan oleskan di ketiak Anda sehingga Anda mendapatkan deodoran alami. Hanya saja, pastikanlah Anda tidak menggunakannya tepat setelah bercukur.

    -Alkohol: Isi satu botol semprot dengan isopropil alkohol dan semprotkan di ketiak Anda. Untuk aroma yang lebih harum, tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau mint, walaupun akan lebih aman untuk menghindari wewangian apapun.

  4. Jaga kebersihan tubuh dan hindari infeksi jamur ketiak. Bagian ketiak adalah tempat yang cocok untuk pertumbuhan bakteri dan jamur karena lembab dan gelap. Ruam kulit ketiak bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak bersih, walaupun kemungkinan besar disebabkan oleh panas, gesekan dan kontak dengan alergen.
  5. Cari tahu penyebab ruam kulit ketiak. Kemungkinan penyebab ruam kulit ketiak antara lain adalah alergi terhadap makanan dan obat-obatan, poison ivy atau poison oak, gigitan serangga atau gangguan autoimun seperti psoriasis. Virus seperti flu atau cacar air juga dapat menyebabkan ruam kulit. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mencurigai bahwa penyebab ruam kulit ketiak Anda adalah salah satu penyakit ini.

Metode 2 dari 2: Mengatasi Ruam Kulit

  • Ikuti daftar pemeriksaan. Jika Anda memiliki ruam kulit ketiak dan memulai beberapa langkah yang disebutkan di atas, maka inilah waktunya untuk meredakan ruam sekali untuk selanjutnya. Ikuti langkah berikut ini untuk membantu meredakan ruam kulit.Caranya : -Cuci ketiak Anda dengan sabun lembut tanpa parfum. Biarkan bagian tersebut untuk mengering dengan sempurna.
    -Kenakan pakaian longgar yang dibuat dari bahan alami, seperti katun dan linen. Bahan ini akan membuat kulit Anda lebih mudah bernapas, sehingga mengurangi resiko terjadinya folikulitis.
    -Minum cairan untuk mengganti cairan tubuh Anda sehingga tubuh bisa berfungsi secara optimal untuk mengatur suhunya. Air dan teh hijau adalah pilihan yang terbaik. Minuman berenergi, kopi dan bahan diuretika lainnya sebaiknya perlu dihindari karena bisa membuang cairan tubuh Anda.
    -Gunakan krim atau lotion anti jamur yang dijual bebas. Produk ini adalah produk yang sama untuk digunakan pada bagian tubuh yang lain seperti kaki dan punggung.
    Untuk membantu meredakan folikulitis, beri kompres hangat dan lembab di bagian tersebut. Kompres lembab ini akan membantu meredakan gejala yang Anda alami. Setelah kain selesai Anda gunakan, gantikan dengan kompres baru yang bersih untuk kompres selanjutnya.
  • Oleskan minyak atau lotion yang dapat meredakan gejala di bagian yang sakit untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri. Minyak yang mengandung vitamin E mungkin akan membantu, walaupun krim vitamin E juga mungkin menyebabkan iritasi pada kulit beberapa orang.  Minyak lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah minyak lidah buaya, tea tree dan emu.Caranya : -Krim hidrokortison ringan yang dioleskan di bagian yang teriritasi bisa membantu penyembuhan ketiak Anda sekaligus mencegah iritasi dan rasa gatal. -Lotion calamin juga adalah pilihan lain yang banyak digunakan untuk meredakan gatal pada ruam kulit.

    -Mandi dengan oatmeal. Cobalah produk yang tersedia secara komersial atau buatlah sabun oatmeal sendiri dengan membungkus satu cangkir oatmeal dalam kain dan mendidihkannya. Biarkan mendingin dan gunakan pasta oatmeal

  • Jangan menggaruk ruam kulit. Luka kulit yang disebabkan oleh garukan Anda bisa menyebabkan infeksi jamur atau bakteri. Gunakan krim topikal seperi hidrokortison jika Anda tidak bisa menahan rasa gatalnya.

Terus kunjungi situs http://obatherbalpenghancurbatuginjal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Bahan Kimia dalam Produk Pembersih Berisiko Rusak Paru