Tips Perawatan Wajah yang Terbakar Sinar Matahari

Tips Perawatan Wajah Yang Terbakar Sinar Matahari Dengan Cara Alami

Tips perawatan wajah yang terbakar sinar matahari dengan cara yang alami khusus untuk anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik alfian herbal, yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kesehatan yang akan meliputi seputar “tips perawatan wajah yang terbakar sinar matahari”.Nah, apabila anda termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan, anda harus lebih memperhatikan kulit anda. Karena paparan langsung dari sinar matahari akan mudah membuat kulit anda iritasi dan terbakar. Sebaiknya gunakanlah pakaian-pakaian yang tertutup, jangan yang terbuka.

Tips Perawatan Wajah yang Terbakar Sinar MatahariTips perawatan wajah yang terbakar sinar matahari | Pernah merasa kulit gatal-gatal atau merah-merah setelah berlama-lama terkena paparan sinar matahari? Jika anda mengalami hal ini, mungkin anda mengalami Sun-burn atau kulit terbakar sinar matahari. Kulit yang merah-merah, gatal, bahkan membengkak pasti membuat anda merasa sangat tidak nyaman. Apalagi jika anda mengalami hal tersebut pada kulit wajah anda. Meski demikian, anda tetap harus berhati-hati dalam mengatasi kulit wajah yang terbakar oleh sinar matahari. Jika anda kurang berhati-hati memilih perawatan untuk kulit wajah yang terbakar, maka kulit wajah anda akan semakin kering, perih atau malah iritasi.

Bahaya Sinar Matahari Langsung Bagi Kulit

Sinar matahari adalah salah satu benda langit terbesar yang dapat dilihat dari bumi ketika bersinar. Matahari ini merupakan pusat tata surya yang berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia di bumi. Hampir dari segala macam makhluk hidup dibumi membutuhkan sinar matahari dalam proses pertumbuhannya. Terlepas dari manfaat yang bersumber dari sinar matahari, terdapat juga bahaya yang mengancam kesehatan manusia dalam pencahayaan tertentu. Sinar matahari yang terpapar langsung pada kulit manusia dapat berpotensi mendatangkan penyakit berbahaya.

Radiasi merupakan proses akhir yang dihasilkan dari paparan sinar matahari yang mencapai permukaan bumi. Pada sekitar 4,5 milyar tahun yang lalu terjadi gravitasi yang menyebabkan banyak materi seperti hidrogen berkumpul dan memadat antar satu sama lainnya. Kumpulan materi tersebut menyebabkan tekanan yang amat tinggi sehingga terbentuklah inti dari matahari. Selanjutnya inti matahari akan mempunyai tekanan yang sangat tinggi didalamnya hingga atom hidrogen mengalami proses fusi dimana nantinya fusi tersebut akan melepaskan hawa panas. Itulah mengapa terik matahari dapat terasa hangat bahkan panas dalam cuaca tertentu sehingga memicu paparan radiasi di bumi.

Baca juga : Obat Herbal Gagal Ginjal

Sinar matahari merupakan piranti utama dalam penerangan di planet bumi, tanpa sinar dari matahari maka bumi akan gelap gulita. Selain itu, sinar matahari dalam periode waktu tertentu yakni mulai jam 07:00 – 10:00 dapat membantu proses pembentukan makanan yang mengandung vitamin D di dalam tubuh. Terlepas dari manfaatnya bagi kehidupan, ternyata cahaya matahari juga berbahaya bagi kesehatan jika terpapar langsung pada kulit pada periode waktu tertentu yakni mulai jam 10 :00 – 16:00. Berikut beberapa bahaya sinar matahari langsung :

  • Menyebabkan Kulit Lebih Cepat Berkerut

Kulit akan mengalami proses penuaan yang lebih cepat jika terpapar sinar matahari secara langsung. Dengan kata lain, berkerutnya kulit ini merupakan salah satu tanda penuaan yang patut diwaspadai. Fase awal terbentuknya kerutan pada kulit ditandai dengan kulit yang semakin kasar dan kehilangan kelembaban alaminya. Kedua gejala ini merupakan faktor yang mempercepat kulit berkerut akibat rusaknya fungsi kolagen yang berada didalam lapisan jaringan kulit.

  • Menyebabkan Kulit Kasar

Jika kolagen yang terdapat didalam lapisan kulit rusak akibat paparan sinar matahari secara langsung maka kulit tentunya akan menjadi kasar bahkan bersisik. Cara yang tepat supaya tidak terkena dampak negatif dari bahaya sinar matahari di siang hari bagi kulit yakni, selalu mengoleskan krim tabir surya atau sun block ketika keluar ruangan secara berkala.

  • Penyebab Munculnya Komedo pada Wajah

Komedo termasuk ke dalam jenis penyakit kulit yang membuat kehalusan dan kemulusan kulit wajah menjadi berkurang. Hal ini disebabkan noda hitam berbintik yang muncul disekitar daerah T. Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit ini berpotensi menghilangkan kadar normal dari Ph kulit yang semestinya. Pada wajah yang mempunyai tone warna kulit putih dan cerah, komedo ini akan terlihat sangat mencolok.

  • Membuat Kulit Terbakar

Sinar matahari dapat tembus ke bumi meskipun bumi berada pada cuaca berawan. Jadi kulit lebih berpotensi terbakar jika berada dibawah paparan sinar matahari secara langsung meskipun cuaca saat itu berada pada keadaan berawan. Bahkan radiasi dari paparan sinar matahari pada musim panas dapat menembus kaca dan membakar kulit.

Penggunaan tabir surya atau sunblock sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai aktivitas dibawah sinar matahari maupun didalam ruangan yang dapat ditembus oleh sinar matahari. Kondisi ini sama seperti ketika anda terkena bahaya obat nyamuk bakar dan semprot.

Berikut Inilah Beberapa Tips Sederhana Untuk Perawatan Wajah Yang Terbakar Sinar Matahari

Sinar matahari yang terpapar langsung pada kulit bisa menyebabkan warna kemerahan, atau istilahnya sunburn. Hal ini disebabkan oleh kulit yang terlalu lama terkena sinar ultraviolet. Jenis gangguan ini bermacam-macam mulai dari yang ringan sampai yang parah, tergantung dari durasi paparan sinar mataharinya. Gejala kulit yang terbakar sinar matahari bervariasi pada tiap orang. Kulit mungkin akan tetap terlihat normal sampai beberapa jam setelah tersengat sinar matahari. Baru kemudian setelah 12-24 jam akan mulai terlihat memerah.

Berikut beberapa bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah yang terbakar sinar matahari :

Madu
Hampir semua orang mungkin sudah mengetahui berbagai khasiat madu dalam kehidupan kita. Anda pun dapat menggunakan madu alami untuk perawatan kulit wajah anda yang terbakar. Pilihlah madu tanpa perasa, pewarna dan aroma tambahan. Selain dengan langsung mengoleskan madu alami ke permukaan kulit wajah yang terbakar, anda dapat mencampur madu dengan perasan lemon. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan madu alami dengan perasan 1 buah lemon, kemudian mengoleskannya ke kulit wajah yang terbakar. Diamkan selama lima belas menit, lalu bilas dengan air mengalir.

Minyak Kayu Putih
Dengan menggunakan botol spray/semprot, campur beberapa tetes minyak kayu putih, satu butir putih telur dan air, kemudian kocok sampai berbusa. Putih telur membantu minyak tetap tercampur dengan air. Semprot merata pada bagian tubuh yang sudah meradang kepanasan. Minyak memberikan rasa nyaman, sensasi mendinginkan dan mengurangi rasa sakit.

Minyak zaitun
Anda mungkin merasa kulit wajah anda yang terpapar sinar matahari berlebih menjadi kering. Oleh karena itu, anda perlu melembabkan kulit wajah anda. Salah satunya dengan mengoleskan minyak zaitun. Namun, anda pun dapat menggunakan body cream atau body butter yang memiliki tingkat kelembaban lebih tinggi dibanding body lotion.

Susu
Cairan yang satu ini dapat pula anda gunakan sebagai salah satu bahan perawatan kulit wajah anda yang terbakar. Anda dapat mencelupkan handuk tipis kecil ke susu dingin, kemudian mengompres kulit wajah dengan handuk tersebut selama beberapa menit. Susu akan membantu anda mendinginkan sekaligus melembabkan kulit wajah anda yang terbakar.

Cocoa Butter
Ambil cocoa butter yang tersimpan dalam kulkas dan oleskan langsung di wajah atau kulit yang terbakar untuk menghilangkan rasa sakit segera. Cocoa butter juga dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhannya. Selain itu karakternya yang mudah mencair bahkan dengan suhu tubuh kita, bisa membuatnya langsung menyerap kedalam pori-pori dan melembabkannya.

Air putih
Kompresan air dingin pun dapat membantu anda mengatasi kulit wajah yang terbakar oleh sinar matahari. Selain perawatan dari luar, anda pun perlu banyak minum air putih sebagai salah satu perawatan dari dalam tubuh

Kantong Teh
Percaya atau tidak, kantong teh yang dilembabkan bisa mengurangi rasa sakit pada wajah yg terbakar. Teh hijau tawar atau teh hitam juga bisa dipakai dan punya manfaat yang sama.

Seduh beberapa kantung teh dengan air panas dan biarkan sampai tehnya menghitam, angkat kantung tehnya dan sisihkan sampai suhunya menjadi cukup hangat. Dengan handuk, kain atau bola kapas yang dicelupkan kedalam teh kemudian di tempelkan ke bagian yang terbakar perlahan, jangan digosok cukup dioles-oles pelan saja. Setelah itu biarkan sampai mengering agar tehnya menyerap ke kulit, oleskan lagi bila perlu. Lakukan di malam hari dan tidak perlu dibilas dengan air, biarkan hingga pagi agar proses penyembuhan terjadi saat kamu tidur.

Vitamin E
Antioksidan yang terkandung didalamnya dapat membantu mengurangi iritasi yang disebabkan sengatan matahari. Caranya ambil 1 buah kapsul vitamin E atau lebih, sesuai kebutuhan area luka bakar di kulit kamu. Sobek pil dengan bantuan jarum yang bersih dan peras keluar minyaknya. Oleskan minyak dari kapsul vitamin E pada bagian yang terluka dan biarkan hingga meresap. Konsumsi juga kapsul vitamin E secara rutin untuk perawatan dari luar dan dalam.

Jus pepaya
Pepaya juga sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengembalikan warna gelap pada kulit akibat terbakar sinar matahari. Gunakan buah pepaya yang sudah matang dan kemudian buatlah jus. Namun anda jangan salah paham, jus pepaya kali ini tidak untuk anda minum, melainkan untuk dioleskan ke tubuh anda. Jadi anda tidak perlu menambahkan gula atau susu dalam jus anda. Itulah beberapa cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat sinar matahari, semoga bermanfaat.

Jus pepaya juga dikenal ampuh dalam mengatasi masalah kulit gelap akibat sinar matahari. Namun, jangan salah ya Ladies, karena jus pepaya disini bukan untuk diminum. Namun untuk dipakai sebagai lulur. Jadi, saat membuatnya, kalian tidak perlu menambahkan gula, es batu apalagi susu. Oleskan pada kulit yang terlihat gelap dan lakukan rutin minimal 2 kali dalam satu minggu.

Cegah dengan Sunblock
Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi selalu pakai sunblock, pakaian yang menutupi permukaan kulit, dan hindari sinar matahari langsung. Jangan gunakan produk-produk diatas kalau kulit dalam keadaan melepuh atau rusak, kulit melepuh butuh waktu “bernapas” untuk sembuh dan bahan diatas malah bisa menghambat prosesnya.

Banyak krim pelindung sinar matahari seperti sunscreen dan lotion sunblock, mengandung bahan anti terbakar yang bisa menghilangkan rasa perih dan panas.

Cara menggunakannya? Kebanyakan sunscreen dan lotion sunblock ada yang disemprot atau dioles langsung. Baca petunjuk di tiap produk secara seksama.

Kunyit
Kunyit juga salah satu bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan kulit setelah terbakar sinar matahari. Caranya adalah dengan mencampur serbuk kunyit dengan susu murni. Aduk merata hingga membentuk pasta. Gunakan campuran bubuk kunyit dan susu murni sebagai crub. Oleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Diamkan sekitar 30 menitan dan selanjutnya setelah kering, gosok secara perlahan dengan lembut. Biarkan beberapa saat baru kemudian bilas dengan air bersih.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai “tips perawatan wajah yang terbakar sinar matahari”. Semoga artikel sederhana yang kami kutip dapat bermanfaat, khususnya untuk anda yang memiliki aktivitas diluar ruangan. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatherbalpenghancurbatuginjal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Tips Perawatan Wajah yang Terbakar Sinar Matahari