Tekanan Darah Yang Terlalu Tinggi Bisa Picu Masalah Impotensi

Bila Anda sering mengalami darah tinggi, Anda patut waspada sebab lama kelamaan penyakit ini bisa mempengaruhi kehidupan seksual Anda. Menurut sebuah studi menyebutkan bahwa, Tekanan Darah Yang Terlalu Tinggi Bisa Picu Masalah Impotensi.

Tekanan Darah Yang Terlalu Tinggi Bisa Picu Masalah Impotensi

Tekanan Darah Yang Terlalu Tinggi Bisa Picu Masalah Impotensi | Studi yang dilansir dari Journal of the American Geriatrics Society melaporkan bahwa 49 persen pria berusia 40-79 tahun yang mengalami tekanan darah tinggi ternyata memiliki masalah disfungsi ereksi (impotensi). Hasil ini diperkuat dengan penelitian lain dari Journal of Urology bahwa 68 persen pria yang darah tinggi juga mengalami disfungsi ereksi, bahkan 45 persennya tergolong dalam kategori parah.

Kenapa tekanan darah tinggi bisa jadi penyebab impotensi?

Selain berisiko terkena serangan jantung atau stroke, tekanan darah yang tinggi juga jadi penyebab impotensi. Pasalnya, tekanan darah yang melebihi batas dapat merusak lapisan pembuluh darah di tubuh Anda secara perlahan.

Pembuluh arteri akan mengalami pengerasan dan penyempitan (aterosklerosis) yang membuat aliran darah Anda menjadi tersendat. Penurunan aliran darah ini mengakibatkan darah yang mengalir ke penis menjadi lebih sedikit. Padahal, aliran darah ini dibutuhkan untuk membuat penis mencapai ereksi.

Pria dengan tekanan darah tinggi juga cenderung memiliki tingkat hormon testosteron yang rendah. Padahal, hormon testosteron inilah yang membuat pria bergairah saat berhubungan intim. Itulah mengapa tekanan darah tinggi juga bisa menganggu ejakulasi dan mengurangi gairah seksual Anda. (Obat Herbal Mata Ptosis)

Bagaimana saya bisa mengatasi kondisi ini?

Dokter Anda mungkin dapat membuat perubahan terhadap pengobatan hipertensi Anda untuk mengurangi kemungkinan disfungsi ereksi dan masalah seksual lainnya. Perubahan dalam pengobatan dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan dosis ataupun memberikan jenis obat yang berbeda.

Anda harus berbicara secara terbuka dengan dokter Anda tentang efek samping Anda serta obat lain dan suplemen yang Anda pakai. Hal ini akan membantu dokter untuk menentukan tindakan yang terbaik dalam perawatan Anda.

Berikut ini adalah obat-obat tekanan darah tinggi yang tidak begitu berpengaruh dalam menyebabkan disfungsi ereksi.

  • ACE inhibitor (angiotensin-converting enzyme inhibitor)
  • Angiotensin II receptor blockers
  • Alpha blockers
  • Calcium channel blockers

 

Selain dengan bertanya kepada dokter Anda tentang obat lain untuk tekanan darah tinggi, tanyakanlah juga tentang perubahan gaya hidup yang dapat membantu Anda menghadapi hipertensi Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Mengurangi asupan sodium Anda
  • Berhenti merokok
  • Menurunkan berat badan
  • Melakukan aktivitas secara aktif
  • Menambahkan makanan yang kaya kalium untuk diet Anda
  • Makan makanan yang sehat bisa menurunkan tekanan darah Anda tanpa perlu menggunakan obat-obatan dan membantu Anda mendapatkan kehidupan seks Anda kembali normal.

 

Jadi, kini Anda mengetahui fakta kaitan antara hipertensi dan impotensi. Data menunjukkan bahwa penanganan tekanan darah tinggi, baik dengan perubahan gaya hidup maupun konsumsi obat antihipertensi, dapat bermanfaat bagi pasien hipertensi dengan keluhan impotensi. Jika Anda mengalami hipertensi, sebaiknya segera dikontrol sebelum muncul impotensi atau munculnya komplikasi yang lebih serius.

Baca Juga : Beragam Gangguan Tidur Akibat Penyakit Diabetes Melitus

| Tekanan Darah Yang Terlalu Tinggi Bisa Picu Masalah Impotensi |