Tanda Dan Gejala Anda Sudah Kecanduan Media Sosial

Zaman sekarang ini jejaring sosial sudah menjadi kebutuhan penting dalam hidup sehari-hari. Sebab jejaring sosial kita bisa mengikuti perkembangan terbaru di berbagai belahan dunia. Apakah anda termasuk orang yang kecanduan jejaring sosial?? Ketahui Tanda Dan Gejala Anda Sudah Kecanduan Media Sosial.

Tanda Dan Gejala Anda Sudah Kecanduan Media Sosial

Tanda Dan Gejala Anda Sudah Kecanduan Media Sosial | Komunikasi di era teknologi mobile dan internet seperti sekarang memang enak dan mudah. Walau begitu, segala kemudahan itu bisa berubah menjadi bencana jika kita sampai kecanduan. Bukan hanya untuk mengintip kehidupan orang lain, media sosial juga menjadi rujukan gaya hidup terkini, membuang keluh kesah, hingga menjadi panggung pandangan politik seseorang.

Tak heran jika media kini makin sulit ditinggalkan. Kita takut ketinggalan kabar jika 5 menit saja tak membuka media sosial, kita gelisah jika berada jauh dari gadget. Pengaruh dari kecanduan itu bukan hanya membuat konsentrasi berkurang, tapi kita juga lupa untuk benar-benar hadir seutuhnya pada apa pun yang sedang dilakukan.

Ketahui apakah kegemaran anda melihat media sosial sudah masuk dalam taraf kecanduan?? Berikut ciri-cirinya :

  • Tidak bisa lepas dari ponsel

Salah satu tanda kamu ketagihan media sosial adalah kamu tidak bisa lepas dari ponsel, bahkan saat sedang makan malam berdua dengan pasangan. Kamu berpendapat, makan malam akan terasa kurang romantis jika tidak membagikan informasi tersebut kepada teman-teman di media sosial.

Selain itu, ponsel adalah benda pertama yang kamu cari ketika bangun tidur. Biasanya, mereka yang ketagihan media sosial tidak ingin berada jauh dari ponsel, jadi selalu meletakkannya di samping tempat tidur atau di bawah bantal.

Setelah mengaktifkan ponsel saat bangun tidur, kamu akan memeriksa beberapa kali komentar di-retweet atau disukai. Kamu juga melakukan hal seperti ini sebelum tidur.

Baca Juga : Obat Kolesterol Tinggi

  • Selalu update status

Kamu selalu memanfaatkan semua peluang yang ada untuk memperbarui status di media sosial. Jika perlu kamu juga melakukannya saat sedang menemani anak-anak untuk tidur.

Selain itu, orang yang kerap menyukai konten yang mereka unggah sendiri di Facebook juga dianggap telah kecanduan dengan media sosial.

Hal yang sama juga berlaku jika kamu melakukannya di media sosial lain seperti Instagram dan Twitter. Jika kamu termasuk salah satunya, maka sebaiknya berhenti melakukan hal tersebut.

  • Informasikan segala hal di media sosial

Tanda ketiga kecanduan adalah ketika seseorang bertanya bagaimana akhir pekan, kamu menjawabnya dengan “Apa kamu tidak lihat bagaimana menariknya foto-foto yang saya unggah di Instagram?”.

Lalu kamu merasa terganggu karena orang tersebut tidak melihat foto atau video yang kamu unggah di media sosial dan meng-unfollow mereka.

Selain memamerkan segala yang dilakukan dalam bentuk foto dan video, kamu juga selalu check-in di setiap tempat.

Baca Juga : Obat Herbal Vaginitis

  • Tak mau dibilang ketinggalan informasi

Hal pertama yang kamu lakukan ketika seseorang yang terkenal meninggal dunia adalah langsung mencari tahu informasi tentang orang tersebut, terutama soal karirnya.

Alasan pertama kamu melakukannya karena ingin selalu disebut mengetahui informasi terbaru dan mengunggahnya di media sosial.

Contoh lainnya adalah ketika kamu ingin selalu menjadi yang pertama mengomentari suatu hal, seperti acara televisi atau film baru. Biasanya setelah menonton, kamu akan langsung mengutarakan pendapat di media sosial karena tidak ingin didahului oleh orang lain.

  • Komentar tidak pada tempatnya

Tanda kecanduan media sosial yang terakhir adalah kamu kerap menggunakan kata “lol” ketika menanggapi lelucon orang lain. Lol adalah akronim dalam Bahasa Inggris untuk laught out loud atau tertawa terbahak-bahak.

Ketimbang menggunakan kata “lol” saja, sebaiknya tanggapi dengan ucapan untuk menunjukkan ketertarikan Anda dengan lelucon tersebut.

Setelah melihat Tanda Dan Gejala Anda Sudah Kecanduan Media Sosial di atas, apakah kamu termasuk salah satu yang kecanduan media sosial?

Baca Juga : Tak Bikin Badan Gemuk, Ini Dia Manfaat Ngemil Dark Chocolate

| Tanda Dan Gejala Anda Sudah Kecanduan Media Sosial |