Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Dan Cocok Untuk Anak

Setelah berpuasa seharian penuh, anak memerlukan asupan makanan dan minuman yang bisa memenuhi kembali segala kebutuhan tubuhnya. Maka itu, hidangan menu buka puasa anak harus bergizi bukan asal manis saja. Nah, dibawah ini kami uraikan beberapa Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Dan Cocok Untuk Anak.

Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Dan Cocok Untuk Anak

Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Dan Cocok Untuk Anak | Berpuasa dapat memberikan berbagai manfaat baik bagi anak anda. Karena harus menahan diri dari lapar dan dahaga, maka sistem percernaannya, enzim, dan hormon pencernaannya juga ikut beristirahat. Untuk menjaga tubuh si kecil tetap sehat selama berpuasa, berikan menu sehat buka puasa yang tepat. (Obat Ulkus Kornea)

Berbeda dengan orang dewasa, dr. Reza Fahlevi menjelaskan bahwa anak memiliki aspek tumbuh kembang. Salah satu faktor yang cukup berarti dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya adalah faktor nutrisi. Selama berpuasa, kebutuhan gizi anak –baik makronutrien (karbohidrat, lemak, dan protein) maupun mikronutrien (vitamin dan mineral), harus tetap terjaga. Pastika untuk memberikan menu buka puasa yang sehat.

Pilih takjil yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayur. Dengan demikian, nutrisi anak tetap terjaga meski sedang berpuasa,” jelas dr. Reza.

Berikut Pilihan Menu Buka Puasa Untuk Anak :

  • Pisang bakar keju

Pisang memiliki manfaat penting untuk sistem pencernaan karena bukan hanya kaya akan gula alami, pisang juga mengandung serat dan bisa melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung air, karbohidrat, dan banyak vitamin mineral yang penting untuk tubuh. Maka itu, olahan pisang cocok dijadikan menu buka puasa anak. Selain punya kandungan gizi yang tinggi, rasa manis buah pisang tentu disukai anak-anak. Salah satu menu yang mudah dibuat adalah pisang bakar.

Untuk menambah asupan kalsium dan protein untuk anak, beri parutan keju di atasnya, jika ingin menambahkan rasa manis, tuangkan sedikit madu murni sebagai penambah rasa. Pisang bakar ini juga bisa disajikan dengan secangkir teh manis saat berbuka puasa bersama anak.

  • Puding buah

Tekstur puding yang lembut dan rasanya yang manis membuat menu buka puasa anak jadi sangat menyenangkan. Ada berbagai macam puding yang bisa Anda kreasikan sebagai menu buka puasa anak di rumah. Salah satunya adalah puding buah, yang tak hanya manis, tetapi kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Setelah Anak berpuasa, elektrolit tubuh yang hilang harus digantikan dengan segera. Nah, di sinilah peran buah yang kaya mineral untuk mengisi ulang kembali kebutuhan tersebut. (Obat Radang Tenggorokan Saat Puasa)

Cara membuat puding cukup mudah seperti pembuatan puding pada umumnya. Panaskan agar agar bubuk dalam air, lalu tambahkan cairannya dengan susu. Masak di atas api kecil hingga matang. 

Sementara itu, di loyang cetakan agar-agar, masukan potongan buah kesukaan anak seperti stroberi, mangga, melon, dan lain-lain. Tuangkan agar-agar yang sudah matang ke dalam cetakan yang berisi potongan buah. Selanjutnya dinginkan puding dalam kulkas hingga mengeras dan dingin.

Puding buah ini juga nikmat dipadukan dengan jus buah alpukat untuk berbuka puasa. Bukan hanya enak dan banyak disukai anak-anak, alpukat mengandung vitamin yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak selama berpuasa karena kandungan vitamin B6 nya.

  • Buah celup cokelat

Menu buka puasa anak ini cukup praktis untuk dibuat. Anda hanya perlu memadukan coklat dengan berbagai buah, seperti pisang, mangga, stroberi, anggur, dan buah lainnya yang disukai si kecil. Gula alami dari buah-buahan ini yang akan memberikan energi kembali untuk anak yang sudah berpuasa seharian.

Cara membuatnya juga tidak sulit, Anda hanya perlu mempersiapkan coklat. Lelehkan coklat blok di atas wadah yang diletakan di atas air yang sedang dipanaskan (steam coklat). Ketika cokelat sudah leleh semua, celupkan buah-buahannya. Agar tidak sulit memegangnya, Anda bisa menusukan stik kayu pada buah. Saat coklatnya masih basah, beri taburan kacang yang sudah dipotong-potong seperti kacang almond, kenari, atau mete. Kemudian masukan buah yang sudah dibalut coklat dan kacang ke dalam freezer. Sajikan saat beku seperti es krim.

Buah celup coklat ini juga akan semakin terasa segar jika dipadukan dengan air kelapa dan buah kelapa murni. Air kelapa sangat tepat untuk mengganti cairan tubuh anak yang hilang saat berpuasa, sehingga anak tidak mengalami dehidrasi.

  • Potongan buah segar

Buah segar adalah hidangan berbuka puasa yang sangat baik dengan segala kandungan vitaminnya. Pilih buah bertekstur lembut dan tidak asam –seperti pepaya, pisang, dan melon, agar mudah dicerna oleh usus.

  • Yoghurt

Produk susu olahan ini kaya akan sumber energi, protein, mineral, dan vitamin. Selain itu, yoghurt juga bermanfaat memperbaiki sistem pencernaan, sehingga anak Anda tetap sehat dan nyaman selama puasa. Berikan campuran buah potong untuk lebih mengenyangkan dan menambah nutrisi dalam menu berbuka anak Anda.

  • Air kelapa murni

Air kelapa kaya akan mineral yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama anak berpuasa. Dengan minum air kelapa, anak Anda akan terhindar dari badan lemas. Berikan si Kecil air kelapa murni yang belum dicampur dengan bahan apa pun.

  • Salad sayur

Untuk mengganti kebutuhan nutrisi selama berpuasa, berikan si Kecil sayur-mayur agar tubuhnya teta sehat dan bugar meski telah berpuasa seharian. Berikan potongan daging tanpa kulit dan keju sesuai seleranya.

Baca Juga : Menurut Penelitian, Nonton Konser Bisa Bantu Bikin Panjang Umur

| Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Dan Cocok Untuk Anak |