Meski Bau, Petai Menyimpan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan

Tak sedikit orang yang tidak suka pete. Bahkan sebagian orang benci dengan pete karena aroma baunya tidak sedap. Padahal, tahukah anda Meski Bau, Petai Menyimpan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan. Simak informasi dibawah ini untuk mengetahui apa saja manfaat petai.

Meski Bau, Petai Menyimpan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan

Meski Bau, Petai Menyimpan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan | Petai memiliki bentuk biji pipih dan panjang, serta bulat seperti almond. Yang paling istimewa dari petai tentu saja baunya yang khas. Sebagian orang tidak keberatan dengan bau tersebut, sedangkan sebagian lainnya tidak menyukai bau yang dihasilkan dari petai. Cara mengonsumsinya pun beragam, petai bisa dimakan mentah, digoreng, dibakar, atau diacar. Di Indonesia sendiri biasanya petai disajikan bersama dengan nasi goreng, kentang goreng balado, atau pendamping lalapan.

Petai dikenal juga sebagai parkia speciosa. Selain baunya, rasanya juga khas. Petai berasa sedikit pahit, namun jangan salah, petai tetap disukai banyak orang. Biar pun aromanya cukup mencolok, petai memiliki segudang manfaat. Berikut diantaranya :

  • Mengandung antioksidan

Petai mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan ini akan membantu melawan radikal bebas yang banyak ditemukan pada berbagai kondisi penyakit seperti diabetes, kanker, dan aterosklerosis. Bahkan menurut sebuah penelitian, kandungan dan aktivitas antioksidan yang terdapat pada petai merupakan yang paling tinggi di antara tumbuhan-tumbuhan

  • Menurunkan kadar gula darah

Petai mengandung beta-sitosterol dan stigmasterol yang dapat menurunkan kadar gula darah. Namun mereka ternyata tidak dapat bekerja sendiri, melainkan harus bersama-sama. Efek menurunkan darah ini terlihat pada penelitian pada hewan coba yang mengalami diabetes. Namun ternyata efek ini tidak muncul pada hewan coba yang normal.

  • Melawan bakteri

Ekstrak biji petai ternyata mampu menekan pertumbuhan bakteri-bakteri jahat. Ekstrak biji petai mengandung hexathionine dan trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri. Kesimpulan sementara dari penelitian-penelitian yang sudah ada, ekstrak biji petai paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif. (Baca : Obat Kanker Prostat Herbal )

  • Meningkatkan fungsi kognitif otak

Kalium yang terkandung dalam pete merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh. Kalium diperlukan tubuh untuk menjaga cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik.

Peningkatan kadar nutrisi ini memungkinkan oksigen untuk mencapai otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang aktivitas saraf.

Kemampuan kognitif tersebut antara lain, kemampuan mengingat, kemampuan melakukan rekognisi pola, dankemampuan dalam mempersepsikan melalui indera. Penelitian di Inggris menguatkan hal ini, di mana para siswa yang mengonsumsi pete pada saat sarapan hingga makan siang, dapat mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah. (Baca : Obat Lemah Syahwat )

  • Mencegah anemia

Pete mengandung zat besi yang cukup tinggi, yang dapat membantu dalam merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi pete dapat membantu Anda dalam mencegah anemia.

  • Menjaga kesehatan jantung

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan, bahwa mineral kalium di dalam pete dapat mendorong kesehatan kardiovaskular dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, coba lah makan pete. Karena pete mengandung serat yang dapat membantu Anda dalam memperoleh pencernaan yang lebih baik. Selain itu bisa mencegah sembelit.

  • Mencegah dan mengatasi depresi

Pete mengandung triptofan, yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi sertonin. Dengan kandungan tersebut tentu Anda akan lebih rileks, mood selalu baik, dan rasa bahagia setelah mengonsumsi pete.

Baca Juga : Bahan Alternatif Yang Bisa Digunakan Sebagai Pengganti MSG

| Meski Bau, Petai Menyimpan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan |