Mengunyah Permen Karet Bisa Bantu Atasi Asam Lambung

Punya penyakit asam lambung?? Meski sudah menghindari hal-hal yang bikin kondisi ini kambuh, terkadang masih saja asam lambung naik. Namun jangan khawatir, ada cara termudah untuk meredakannya. Cara tersebut adalah dengan makan permen mint. Penelitian menyebutkan Mengunyah Permen Karet Bisa Bantu Atasi Asam Lambung.

Mengunyah Permen Karet Bisa Bantu Atasi Asam Lambung

Mengunyah Permen Karet Bisa Bantu Atasi Asam Lambung | Praktik mengunyah permen karet (chewing gum) yang telah ada sejak masyarakat Yunani kuno ini berdampak positif meredakan asam lambung. Gastroentologis dari Delray Beach, Florida, Todd Eisner, M.D. mengatakan, mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi saliva dan frekuensi menelan. Hal tersebut, seperti dilansir laman Livestrong, Jumat (15/5/2015), membantu menghilangkan asam yang telah naik ke esofagus.

Eisner menyarankan mengunyah permen karet untuk meredakan asam lambung, terutama bagi ibu hamil. Perubahan hormon dan perkembangan janin menyebabkan 50 persen wanita hamil cenderung menderita asam lambung. Untuk hasil terbaik, Eisner menyarankan agar mengunyah permen karet 30 menit setelah makan.

Beberapa penelitian lain membuktikan bahwa mengunyah permen karet berdampak positif untuk mengatasi asam lambung. Sebuah studi klinis yang dilakukan oleh R. Moazzez dan tim yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research pada November 2005 menemukan, subyek yang mengunyah permen karet selama setengah jam setelah makan mengalami risiko asam lambung lebih rendah.

UC Davis Health Systems juga menyarankan mengunyah permen lambung untuk mengatasi gangguan asam lambung. Mereka menyarankan permen karet bikarbonat rendah gula yang bisa ditemukan di apotek. Situs UC Davies Health Systems mencatat sebuah studi yang dilakukan B.R. Smoak di Wake FOrest University, 40 pasien yang menderita asam lambung diberi permen karet rendah gula atau permen karet bikarbonat rendah gula secara teratur. Terbukti dua tipe permen karet tersebut menghasilkan saliva lebih bersifat alkalin dan membantu mencegah asam lambung. Dan permen karet bikarbonat terbukti lebih efektif dibandingkan permen karet biasa. Bedasarkan penelitian ini, para peneliti menyarankan permen karet sebagai terapi tambahan untuk mengatasi asam lambung. (Baca Juga : Obat Penebalan Otot Jantung)

Apakah ada pilihan pengobatan lain untuk mengobati asam lambung naik?

Para peneliti yang menyimpulkan bahwa mengunyah permen karet setelah makan, hanyalah terapi tambahan untuk mengobati refluks asam lambung. Selain dengan cara tersebut, biasanya dokter juga akan menyarankan Anda untuk berhenti merokok.

Konsumsi obat-obatan juga diyakini bisa membantu mengobati asam lambung naik, misalnya obat-obatan seperti antasida, H-2 receptor blockers, dan proton pump inhibitors (PPIs). Jenis obat-obatan ini bisa Anda dapatkan secara bebas maupun dengan resep dokter.

Nah, jika Anda berencana untuk menerapkan makan permen karet setelah makan untuk mencegah asam lambung naik, ada beberapa hal yang harus Anda ingat, yaitu:

  • Pilihlah permen karet bebas gula
  • Pilih permen karet bikarbonat jika memungkinkan
  • Hindari permen karet peppermint

Namun sebaiknya, jika gejala yang Anda rasakan tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan kesehatan terbaik. Demikian informasi mengenai Mengunyah Permen Karet Bisa Bantu Atasi Asam Lambung, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tiba-Tiba Mengalami Kebangkrutan Tingkatkan Risiko Kematian Dini

| Mengunyah Permen Karet Bisa Bantu Atasi Asam Lambung |