Makanan Sumber Lemak Nabati Yang Bermanfaat

Tahukah anda apa saja Makanan Sumber Lemak Nabati Yang Bermanfaat untuk kesehatan tubuh?? Jika belum mengetahuinya, simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Selamat datang di http://obatherbalpenghancurbatuginjal.com/ salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai kesehatan yang akan meliputi seputar makanan sumber lemak nabati yang bermanfaat.

Makanan sumber lemak nabati yang bermanfaat | Mendengar kata lemak masyarakat sangatlah menjauhi hal tersebut karena akan mengakibatkan kegemukan pada tubuhnya, namun pada dasarnya lemak juga ada yang diperlukan oleh tubuh karena keberadaanya bahkan dapat dijadikan peting dalam tubuh manusia.

MANFAAT LEMAK NABATI BAGI TUBUH MANUSIA

Makanan Sumber Lemak Nabati Yang Bermanfaat

Lemak nabati sendiri merupakan lemak yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan yang dapat menghasilkan lemak nabati, banyak anggapan negatif ketika mendengar kata lemak namun pada lemak nabati sebenarnya mengandung kandungan yang sangat berguna oleh tubuh kandungan tersebut yaitu kolesterol baik yang dimana cukup banyak kuantitasnya untuk kegunaan bagi tubuh manusia. Tumbuhan yang dapat menghasilkan lemak nabati dalam kegunaan tubuh manusia diantaranya alpukat, kacang macadamia, kacang kedelai, kacang kenari, shae butter, camelina oil. Dibawah ini ada beberapa manfaat dari lemak nabati bagi tubuh dari segi kesehatan, kecantikan maupun juga dari segi perawatan bagi tubuh :

  • Dapat menghasilkan tenaga yang besar – Bagi atlet dan juga profesi yang menggunakan tenaga yang besar dalam menjalankan pekerjaannya, lemak nabati cocok bagi mereka karena pada lemak nabati yang dihasilkan dari kacang macadamia terdapat kandungan karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh manusia sehigga dapat dijadikan sebagai pemasok energi yang baik dan juga sangat cocok bagi atlet juga profesi yang membutuhkan tenaga yang besar itu. Dapat membantu dalam proses pembentukan otot, jaringan otot dan juga pembentukkan plasma darah.Hal yang menyebabkan adanya manfaat tersebut diakibatkan karena adanya lemak nabati yang bersumber dari kacang macadamia yang memiliki kandungan protein didalamnya, sehingga protein tersebut memiliki manfaat dalam pembentukkan otot, jaringan otot dan pembentukkan plasma tersebut dengan didalamnya terdapat protein lengkap seperti asam amino essensial dan asam amino non essensial.
  • Membantu dalam pertumbuhan tulang dan juga gigi pada anak – Pada lemak nabati yang dihasilkan dari kacang macadamia yang dimana dalam kacang macadamia terdapat kandungan seperti mineral yang dimana mineral tersebut memiliki fungsi yang cukup vital dalam pertumbuhan tulang dan juga gigi pada anak selain itu dapat pula menguatkan tulang pada orang dewasa. Sehingga lemak nabati yang bersumber dari kacang macadamia tersebut memiliki fungsi dalam pertumbuhan tulang dan gigi bagi anak serta dapat pula menguatkan tulang bagi orang dewasa.
  • Dapat dijadikan sebagai antioksidan – Didalam lemak abati yang bersumber dari kacang macadamia yang dimana didalam kacang macadamia terdapat kandugan vitamin, vitamin sendiri yang ada di kacang macadamia terdapat vitamin E, vitamin B kompleks dan juga mengandung asam folat. Vitamin tersebut memiiki fungsi yang cukup vital juga sebagai antioksidan yang dimana antioksidan sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.
  • Dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh – Bagi para lansia atau bagi orang yang memasuki usia-usia yang rentan akan penyakit, kolesterol merupakan penyakit yang mudah menyerang namun tidak kemungkinan usia muda pun dapat terserang penyakit kolesterol tersebut. Maka untuk mengurangi atau menurunkan kolesterol tersebut dapat diatasi dengan lemak nabati yang bersumber dari kacang macadamia yang terkandung kolesterol yang baik, kolesterol yang baik tersebut untuk mengatasinya dengan meningkatkan kolesterol baik/HDL yang ada dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat/LDL yang ada dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler.
  • Membantu dalam pencegahan terjadinya penebalan pada pembuluh darah – Lemak nabati yang memiliki kandungan kadar kolesterol baik atau HDL memiliki fungsi dalam penebalan yang terjadi pada pembuluh darah, hal tersebut dikarenakan adanya peningkatan kadar HDL yang dimana tidak akan terjadinya penyumbatan dalam pembuluh darah yang dimana dapat menimbulkan penebalan pembuluh darah dengan pembuluh darah tersebut menjadi lebih lentur dan tidak mudah pecah. Jika terjadinya pemecahan yang terdapat pada pembuluh darah dapat menyebabkan storke karena pecahnya pembuluh darah yang menjadi kaku dan juga menjadi tebal yang diakibatkan oleh adanya hipertensi.
  • Membantu dalam pencegahan jantung koroner – jantung koroner merupakan gangguan yang terjadi pada jantung manusia yang dimana Indonesia sendiri banyak yang terserang gangguan tersebut yang biasanya menyerang usia yang memasuki usia dewasa akhir namun tidak menutup kemungkinan dapat juga menyerang usia dewasa madya, penyebab terjadinya jantung koroner sendiri diakibatkan karena pada saluran pembuluh darah kapiler mengalami penyumbatan pada otot jantung yang dimana biasanya diakibatkan oleh adanya kolesterol jahat yang ada didalam tubuh manusia. Dengan adanya lemak nabati mampu mencegah penyumbatan yang terjadi dengan adanya peningkatan kolesterol baik atau HDL yang ada di dalam tubuh.
  • Membantu agar tidak terjadinya stroke – Sama seperti halnya terjadi jantung koroner yang dapat menyerang tubuh manusia, stroke pula dapat menyerang tubuh manusia yang biasanya jantung dan stroke terjadi beriringan karena disebabkan oleh faktor yang sama yaitu karena adanya penyumbatan di pembuluh darah kapiler sehingga pembuluh darah menjadi tersumbat karena disebabkan oleh adanya kolesterol jahat. Dengan mengcegah stroke ini yang diakibatkan oleh adanya penyumbatan di pembuluh darah kapiler dapat diatasi dengan mengonsumsi kacang macadamia yang didalamnya terdapat lemak nabati yang terkandung didalamnya ada kadar kolesterol baik yang dapat ditingkatkan untuk tidak menyumbat pembuluh darah kapiler.
  • Dapat dijadikan sebagai protect bagi tubuhh dari radikal bebas – Seperti yang ada di point diatas didalam lemak nabati terdapat vitamin yang bersumber dari kacang macadamia yang dimana didalam kacang macadamia terdapat vitamin E dengan fungsi dalam membantu dan juga memproteksi tubuh dari radikal bebas yang dapat menimbulkan jangka panjang dalam pencegahan dari berbagai macam penyakit yang ganas saat ini.
  • Dapat meningkatkan metabolisme tubuh – Lemak nabati tidak hanya didapatkan dari kacang macadamia saja namun terdapat juga pada kacang kedelai, kacang kedelai sendiri menghasilkan lemak nabati yang memiliki peran dalam metabolisme tubuh.
  • Membantu dalam mencegah kanker bagi tubuh – Yang menjadi alasan lemak nabati yang terdapat dalam kacang kedelai memiliki antioksidan yang cukup tinggi, dimana hal tersebut dapat membantu dalam pengurangan resiko dari berbagai macam kanker yang akan menyerang tubuh manusia. Salah satu contohnya itu yang dapat menyerang tubuh wanita, sehingga antioksidan itu dapat mengurangi dari resiko kanker yang akan menyerang dan juga memiliki manfaat dalam menetralisir radikal bebas lalu radikal bebas tersebut yang menyebabkan sel sehat yang dimiliki tubuh manusia dapat bermutasi menjadi sel kanker yang dapat menyerang tubuh manusia.
  • Mengatur dalam masa transisi menopause – Menopause merupakan masa dimana wanita masa haid nya berhenti secara total yang dimana ia tidak akan mengalami haid lagi sampai akhir hidupnya, bagi banyak wanita yang memulai menginjak pada masa menopause sebagian orang mengalami trauma yang dimana kadar estrogen yang ada dalam tubuh manusia mengalami penurunan yang cukup signifikan .

MENGENAL SUMBER LEMAK NABATI DARI MAKANAN

Tidak semua lemak hanya dapat memberikan kerugian bagi tubuh. Lemak pada dasarnya sangat baik, karena zat ini begitu dibutuhkan oleh tubuh, namun harus tetap pada ukurannya, tak berlebihan maupun kekurangan. Pada umumnya, lemak merupakan zat yang memiliki fungsi utama sebagai penyedia terbesar energi bagi tubuh, yaitu dua setengah kali lebih besar dari energi yang dihasilkan karbohidrat maupun protein.

Fungsi lemak antara lain adalah sebagai penyedia energi sebesar 9 kalori per gramnya, sebagai zat pelarut vitamin antara lain vitamin A, D, E, dan vitamin K, sebagai zat pembangun, penyedia asam lemak esensial bagi tubuh, sebagai cadangan makanan karena dapat membantu mengurangi rasa lapar dengan cara memperpanjang rasa kenyang dari proses memperlambat pengosongan dalam lambung, serta sebagai pelindung tubuh.

∴ Makanan Sumber Lemak

Selain berdasarkan komposisi atau struktur lemak dan menurut ikatan kimianya, lemak dapat dibedakan lagi. Berdasarkan sumber lemak, lemak dibedakan menjadi dua, yaitu lemak hewani dan lemak nabati yang dapat diproses sebagai lemak padat setelah melewati proses hidrogenasi. Berikut ragam contoh makanan beserta kandungan jenis-jenis lemak nabati atau hewani yang perlu Anda ketahui:

  1. Buah alpukat
    Buah alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL) yang sangat tinggi. Salah satu jenis bebuahan ini memiliki sumber lemak jenis nabati. Lemak yang dikandung alpukat pun merupakan lemak tak jenuh jenis tunggal yang mengandung kadar lemak sebesar 22 gram untuk setiap satu buahnya yang berukuran normal atau sedang. Selain sebagai sumber lemak, buah alpukat juga memiliki kandungan serat, vitamin E dan B, asam folat dan kalium atau potassium. Alpukat juga mampu meningkatkan kandungan dari lemak lipid, menghambat dan melenyapkan sel-sel kanker pada mulut, menambah tingkat penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak, meningkatkan kesehatan mata karena mengandung litein, serta memiliki beta karoten yang dijadikan sebagai sumber antioksidan.
  2. Minyak ikan
    DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic) merupakan contoh dari asam lemak omega 3 esensial yang dikandung oleh minyak ikan. Kandungan omega 3 sangat aktif dalam mengurangi terjadinya insiden dalam penyakit kardiovaskular. Minyak ikan yang mengandung EPA dan DHA sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner dan resiko irama jantung yang mampu menyebabkan kematian mendadak. Asam lemak esensial lainnya yang sangat berguna adalah alfa-linolenat serta gamma-linolenat.
  3. Penyakit attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan penyakit alzheimer juga dapat dicegah dengan adanya minyak ikan yang berfungsi sebagai anti-depresi yang alami dan anti-inflamasi yang sangat efektif. Pastikan minyak ikan yang Anda konsumsi adalah dalam bentuk murni dan bebas dari zat merkuri ataupun kontaminan lainnya.
  4. Ikan laut
    Ikan laut merupakan lemak jenis hewani. Beberapa jenis ikan yang mempunyai kandungan lemak jenuh sekaligus omega 3 ternyata sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak serta mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Beberapa jenis ikan tersebut adalah ikan tuna, ikan salmon, ikan makarel, ikan herring, ikan sarden, dan masih banyak lagi.
  5. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan merupakan ragam makanan penghasil sumber lemak jenis nabati. Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat menyumbangkan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan tubuh. Yang pertama adalah kacang kenari yang kaya akan sumber nutrisi dan lemak tak jenuh jenis tunggal. Bagi Anda yang memiliki masalah kardiovaskular, sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang kenari. Kacang ini juga berfungsi sebagai anti-kanker, anti-inflamasi, serta meningkatkan kesehatan otak Anda. Mengonsumsi kacang kenari sangat baik bila dipadukan di dalam hidangan beragam sayur-sayuran atau buah-buahan dan sebagai campuran salad.
  6. Selain kenari, kacang kedelai yang memiliki kandungan zat-zat baik bagi tubuh, seperti vitamin, sumber protein tinggi, mineral, sekaligus serat yang tinggi, ternyata juga mengandung lemak nabati yang tak jenuh, terdiri dari lemak jenis tunggal dan ganda. Kacang kedelai sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita kolesterol tinggi. Lemak di dalam kacang kedelai juga mampu mengurangi kadar trigliserida atau komponen-komponen dari lemak berbahaya yang berada di dalam darah. Selain itu, penyempitan dan pengerasan pada pembuluh darah dapat dicegah hanya dengan mengonsumsi lemak yang dikandung oleh kacang kedelai secara teratur.
  7. Tumbuhan Laut
    Asam lemak omega-3 juga dapat ditemukan pada tumbuhan laut seperti krill, alga, beberapa tanaman dan minyak kacang. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2.
  8. Mentega Shea
    Shea (Vitellaria paradoxa) adalah jenis tanaman yang tumbuh di Afrika. Bijinya bisa diekstrak untuk dimabil minyaknya dan dijadikan mentega yang tinggi kandungan vitamin E dan A yang bisa berfungsi sebagai antioksidan.
  9. Minyak Salvia
    Terdengar asing di Indonesia karena memang hanya tumbuh di daratan Meksiko dan Amerika Selatan. Memiliki bunga seperti lavender. Karena warna dan bentuknya yang unik, salvia biasanya hanya digunakan sebagai tanaman hias. Namun minyak astiri yang dihasilkan dari ekstraksi salvia ternyata tinggi kandungan omega 3.
  10. Minyak Biji Anggur
    Minyak hasil ekstraksi biji anggur menurut beberapa penelitian mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  11. Minyak Camalina
    Camalina termasuk jenis sayuran seperti kol dan brokoli. Minyak yang dihasilkan memiliki kandungan lemak yang baik, vitamin E dan omega 3 yang tinggi. Bagus sebagai antioksidan.
  12. Minyak kelapa
    Minyak kelapa mengandung asam laurat, yaitu suatu asam lemak penting yang ditemukan berlimpah pada air susu ibu. Kandungan ini memiliki efek antivirus yang ampuh terhadap tubuh dan baik untuk tiroid, serta tidak meningkatkan kolesterol bila dikonsumsi dalam diet kaya asam lemak esesial.

Nah, itu dia sederat Makanan Sumber Lemak Nabati Yang Bermanfaat. Terus kunjungi situs http://obatherbalpenghancurbatuginjal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Makanan Sumber Lemak Nabati Yang Bermanfaat