Makanan Dengan Natrium Tinggi Yang Harus Diwaspadai

Konsumsi garam berlebih telah dikaitkan dengan berbagai risiko kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Namun seringkali kadar garam tinggi tidak disadari dalam beberapa makanan. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui Makanan Dengan Natrium Tinggi Yang Harus Diwaspadai.

Makanan Dengan Natrium Tinggi Yang Harus Diwaspadai

Makanan Dengan Natrium Tinggi Yang Harus Diwaspadai | Tahukah anda? Kebanyakan orang Amerika makan garam satu setengah kali di atas batas yang direkomendasikan ahli kesehatan. Asupan sodium dan natrium berlebihan akan menjadi masalah kesehatan yang serius dan salah satu yang perlu diperbaiki.

Salah satu masalah terbesar tubuh kita adalah asupan rasa asin atau natrium tinggi yang dikandung oleh makanan. Bahayanya, natrium yang tinggi itu akhir-akhir ini justru sudah terkandung di bahan makanan dasar sebelum kita mengolahnya di dapur. Sedangkan kebiasaan seseorang akan menambahkan kembali garam atau natrium pada makanan yang akan diolahnya lebih lanjut di dapur.

Anda kelihatannya perlu membatasi konsumsi beberapa makanan dibawah ini, sebab jenis-jenis ini mengandung natrium tinggi :

  • Blended coffee drinks

Minuman es kopi yang anda teguk rasanya mungkin manis. Faktanya, bahan instannya itu sebetulnya dikemas dengan kandungan natrium tinggi, sekitar 16 ons. Coffee Frappuccino di Starbucks memiliki 220 miligram (mg) natrium. Ada baiknya anda minum minuman sederhana saja. Misalnya, es kopi biasa yang dicampur dengan susu. Ini bagus untuk merobohkan asupan natrium anda yang tinggi.

  • Milk chocolate

Laiknya blended coffee drinks, susu coklat dalam kotak atau kaleng kelihatannya hanya minuman manis biasa. Tapi, sebetulnya minuman instan ini kaya akan natrium. Anda sebaiknya membaca label susu kotak, atau susu kaleng yang siap teguk sebelum meminumnya. Alangkah baiknya jika anda membuat milk chocolate racikan sendiri di rumah. Kandungan natriumnya bisa dikurangi.

  • Roti

Roti memang tidak terasa asin, namun ternyata memiliki kadar sodium (natrium) yang tinggi. Roti gandum utuh adalah jenis roti yang paling baik karena mengandung kadar garam paling rendah.

  • Makanan Beku

Daging olahan seperti sosis dan nugget memiliki kadar garam yang tinggi. Jumlah sodium pada jenis makanan ini dapat sangat bervariasi. Beberapa di antaranya dapat mencapai 500 mg persajian.

  • Dressing pada salad

Salad yang berisi sayur-sayuran terkesan sehat, namun ketika disajikan dengan dressing, kadar sodium dalam makanan ini menjadi meningkat. Satu sendok dressing dapat mengandung 214 mg sodium.

Baca Juga : Obat Mata Kedutan

  • Sereal

Jenis sereal tertentu seperti corn flake memiliki kandungan sodium sekitar 300 mg per mangkuk kecil. Padahal ketika makan sereal, orang seringkali tidak hanya memakan satu mangkuk kecil saja.

  • Kacang kalengan

Satu mangkuk kecil kacang kalengan mengandung sekitar 1.008 mg sodium yang hampir mencukupi setengah dari batas harian sodium yang direkomendasikan.

  • Saus spaghetti

Rata-rata saus spaghetti instan bisa mengandung 1.000 mg sodium. Maka bijaklah saat memasak pasta, sebaiknya Anda mengolah sendiri saus spaghetti karena akan signifikan mengurangi kandungan sodiumnya.

  • Minuman bersoda rendah kalori

Minuman ini memang lebih rendah kalori dibandingkan dengan minuman bersoda biasa, namun kandungan sodiumnya lebih tinggi. Terdapat 28 mg sodium di dalam 350 ml minuman soda rendah kalori, sedangkan untuk minuman soda biasa hanya 15 mg.

  • Kerupuk gandum

Kerupuk gandum seringkali menjadi pilihan makanan ringan yang sehat. Padahal, kerupuk gandung sebetulnya tak jauh lebih baik dari keripik kentang untuk urusan kandungan natrium. Satu porsi kerupuk gandum mengandung 300 mg sodium. Anda sebaiknya memilih cracker rendah sodium untuk bahan cemilan anda sebagai gantinya.

  • Beras instan

Anda sebaiknya waspada untuk produk-produk beras dan nasi instan yang dikemas dalam bungkusan bertema ‘nasi bumbu.’ Jenis ini mengandung asupan natrium tinggi, mencapai 700 mg sodium per cangkir beras. Akan lebih baik anda memasak sendiri nasi anda di rumah dengan bumbu dan rempah-rempah alami.

  • Sup kalengan

Satu kaleng sup dapat mengandung 1.106 mg sodium. Apabila Anda harus memilih sup kalengan, maka pilihlah yang berlabel “rendah sodium”.

Baca Juga : Yang Terjadi Pada Tubuh Bila Berhenti Minum Alkohol

| Makanan Dengan Natrium Tinggi Yang Harus Diwaspadai |