Keuntungan Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga

Keuntungan minum susu cokelat setelah olahraga salah satu pilihan sehat dan enak untuk mengganjal perut setelah olahraga, memberikan manfaat lebih dibanding hanya minum air putih.

Selamat datang di http://obatherbalpenghancurbatuginjal.com/ salah satu situs resmi milik alfian herbal, yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan mengenai “keuntungan minum susu cokelat setelah olahraga”. Sejumlah penelitian menunjukkan, susu cokelat mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh atlet seusai berolahraga. Namun, susu cokelat yang dimaksud adalah yang rendah lemak.

Keuntungan minum susu cokelat setelah olahraga -, Empat seri penelitian yang dipublikasi di konfrensi American College of Sports Medicine pekan ini, menunjukkan susu cokelat bisa membantu pemulihan dan membangun kembali otot. Hal itu jika dibandingkan dengan minuman yang dirancang khusus untuk pemulihan tenaga setelah berolahraga. Tetapi, pilihlah susu cokelat yang tanpa lemak. Karena, minum susu cokelat rendah lemak setelah latihan berat dapat membantu menyiapkan otot untuk melakukan latihan yang lebih baik untuk selanjutnya.

Air putih saja tidak cukup untuk mengembalikan beberapa sumber yang hilang selama kita berolahraga. Tubuh perlu cairan isotonik untuk mengembalikan ion. Sementara asupan protein bisa didapat dari susu cokelat.

“Kita harus memasukkan semuanya. Tidak bisa mengganti satu dengan yang lain,” kata Clinical Dietitian Food & Nutrition Expert Diesease Prevention & Sport Nutrition, Emilia Achmadi ditulis Rabu (24/2/2016).

Susu cokelat, jelas Emilia, dapat mengembalikan protein ke dalam otot dan mengembalikan energi ke dalam lever dalam bentuk gula. “Ion dan susu memang memiliki fungsi yang berbeda,” ujar Emilia.

Begitulah yang diberlakukan Emilia kepada atlet yang dilatihnya. Sebelum keluar dari lapangan, Emilia pasti menyuruh mereka meminum 150 cc air putih, 150 cc isotonik, dan 250 cc susu cokelat.

“Kenapa harus susu cokelat? Karena ada gulanya. Sebenarnya, tidak peduli mau cokelat atau stroberi, yang penting ada gulanya. Cuma cokelat ini adalah rasa yang paling populer dan paling diminati dibanding rasa yang lain,” kata Emilia.

Menurut Emilia, hal ini tidak hanya berlaku bagi atlet saja, melainkan orang-orang yang sekarang tengah getol menjalani pola hidup sehat dengan rajin olahraga.

Khasiat dan Keuntungan Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga

keuntungan-minum-susu-cokelat-setelah-olahragaSusu cokelat rendah lemak yang diminum setelah olahraga ternyata memberikan manfaat lebih tinggi dibandingkan apabila anda hanya minum air putih maupun minuman olahraga yang lain. Hal ini dibuktikan berdasarkan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa susu cokelat rendah lemak mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh setelah berolahraga.

Menurut Fendy santoso selaku Nutrition &Health Education Manager Nutrifood mengkonsumsi susu cokelat memberikan dua efek lebih tinggi dibanding minum air putih biasa atau sportdrink, yaitu akan membantu efek rehidrasi dan recovery.

Susu cokelat rendah lemak banyak mengandung karbohidrat, elektrolit, protein, dan mineral. Elektrolit dibutuhkan tubuh saat terlalu banyak cairan yang dikeluarkan saat berolahraga melalui keringat. Sehingga dengan minum susu cokelat rendah lemak, maka cadangan air dalam tubuh bisa bertahan lebih lama.

Protein yang terdapat pada susu cokelat juga membantu pemulihan fungsi otot-otot yang digunakan saat berolahraga. Sedangkan karbohidrat dan protein yang apada pada susu cokelat rendah lemak akan meningkatkan kadar glikogen yang dibutuhkan oleh otot. Minum susu cokelat rendah lemak setelah berolahraga juga bisa mencegah kerusakan otot, sehingga bisa mencegah cedera pada seesi olahraga selanjutnya.

Beberapa manfaat tersebut akan didapatkan hasil yang maksimal apabila susu coklat diminum 60 sampai 90 menit saat setelah olahraga selesai dilakukan. Dan menurut Fendy, manfaat tesebut akan lebih terasa apabila minum susu cokelat rendah lemak seusai melakukan olahraga dengan endurence atau daya tahan, seperti sepeda, basket, dan lari. Hal ini dikarenakan, jenis olahraga tersebut membutuhkan kekuatan otot saat melakukannya.

Inilah beberapa manfaat susu cokelat sangat baik untuk tubuh, antara lain :

Kaya protein
Susu adalah salah satu sumber protein yang sangat baik dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Jika Anda olahraga, maka Anda juga butuh asupan protein cukup untuk menghindarkan Anda makan banyak dan mengembalikan energi. Kandungan cokelat dalam susu juga akan memberikan kenyamanan dan refereshing yang menyenangkan untuk tubuh dan otak sehingga Anda lebih santai dan bahagia.
 
Kaya karbohidrat
Susu cokelat juga termasuk yang kaya karbohidrat, namun kandungan karbohidrat sehat dan tidak berlebihan. Namun hal ini sebenarnya tergantung dari produk susu mana yang Anda beli, akan lebih baik jika Anda membeli susu cokelat yang memang untuk diet atau yang less sugar sehingga lebih sehat.
 
Kaya kalsium
Susu jelas kaya kalsium, dan kalsium akan memperkuat tulang dan gigi yang telah berolahraga dan meregangkan atau melemaskan otot tegang setelah olahraga. Kalsium juga akan membantu protein memberikan manfaat meringankan nyeri karena otot-otot yang telah digunakan saat olahraga.

Berperan sebagai minuman yang mengembalikan kekuatan tubuh

Jika Anda ingin mengembalikan kekuatan tubuh setelah lelah berolahraga, maka susu cokelat juga bisa menjadi salah satu minuman yang sangat baik memberikan energi. Susu cokelat yang enak akan membuat Anda senang dan merasa jauh lebih baik.

Terus kunjungi situs http://obatherbalpenghancurbatuginjal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan teru update setiap harinya.

Baca juga : Obat Herbal Untuk Penyakit Uremia

Keuntungan Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga