Kebiasaan Yang Menyebabkan Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Pernahkan Anda merasa bibir terlalu kering padahal secara fisik Anda merasa baik-baik saja. Jika iya, bisa jadi kebiasaan keseharianlah penyebabnya. Inilah Kebiasaan Yang Menyebabkan Bibir Kering Dan Pecah-Pecah.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Kebiasaan Yang Menyebabkan Bibir Kering Dan Pecah-Pecah | Kulit kering membuat penampilan tampak tak sehat dan kusam, begitu pula dengan bibir kering. Bibir kering tak hanya menjauhkan diri Anda dari kesan seksi, tetapi dapat membuat Anda merasa sakit apabila bibir terbelah dan memunculkan darah.

Bibir kering sungguh membuat tidak nyaman. Tentu saja. Sayangnya, penyebab bibir menjadi kering bisa tak hanya disebabkan oleh kebiasaan buruk yang tak sadar sering dilakukan, tetapi bisa juga disebabkan oleh penyakit kronis.

Tak perlu berpikir terlalu jauh karena penyebab biasanya bibir kering dialami adalah udara kering seperti musim dingin, mengutip dari laman Boldsky. Tapi selain itu kebiasaan sehari-hari juga dapat menyebabkan bibir kering, berikut diantaranya :

  • Dehidrasi

Dehidrasi mengacaukan keseimbangan mineral alami dalam tubuh, menyebabkan kerusakan tidak hanya sistem organ dalam tubuh, namun juga berdampak negatif pada kulit Anda.

Dehidrasi menimbulkan gejala seperti pusing, sembelit, penurunan produksi urin, mulut dan bibir kering, dan sakit kepala. Pada kasus dehidrasi yang parah, dehidrasi bisa menyebabkan tekanan darah rendah, demam, napas ngos-ngosan, atau jantung berdebar.

Untuk menghindari dehidrasi, selalu ingat untuk minum 8-12 gelas air setiap hari. Jika Anda seorang atlet atau penderita diabetes, minum lebih banyak cairan.

  • Menjilat bibir

Satu kebiasaan yang cenderung Anda lakukan, terus menerus dan tanpa sadar, saat bibir terasa kering adalah menjilati bibir. Walaupun menjilat bibir bisa memberikan kelembapan sementara, namun air liur yang berpindah dari mulut ke bibir Anda akan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan melucuti kelembapan alaminya.

Air liur mengandung enzim yang berfunsi untuk membantu Anda mencerna makanan, bukan sebagai penyedia kelembapan tambahan bagi bibir Anda. Air liur akan dengan cepat mengupat setelah terkena kontak dengan udara luar, membuat bibir kembali kering dan mengelupas. Hal inilah yang menyebabkan menjilat bibir menjadi suatu kebiasaan yang berulang.

Solusinya, sebisa mungkin hentikan kebiasaan menjilat bibir saat Anda merasa bibir mulai mengering. Anda bisa aplikasikan lipbalm dengan rasa yang aneh atau mengandung obat-obatan untuk membantu Anda mulai mengurangi kebiasaan buruk ini. Alternatifnya, Anda bisa oleskan gel lidah buaya pada bibir Anda. Lidah buaya mengandung properti penyembuh yang akan memperbaiki struktur kulit bibir yang kering, rasa pahitnya akan menjauhkan Anda dari kebiasaan menjilati bibir.

Menggigit bibir

Kebiasaan menggigit bibir bisa disebabkan oleh rasa gugup dan cemas, sedang memusatkan konsentrasi pada hal tertentu, atau justru hanya untuk melawan rasa bosan.

Sama halnya dengan menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir juga bisa mengancam kesehatan bibir Anda. Saat Anda menggigit bibir, gigi akan mengiritasi bibir; membuat lapisannya terkoyak dan retak, bahkan hingga berdarah.

  • Minum terlalu banyak alkohol

Malnutrisi akibat alkohol adalah salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Konsumsi alkohol berlebihan akan mengganggu jalannya proses penyerapan vitamin dalam tubuh, mengakibatkan Anda tidak bisa memenuhi asupan vitamin yang cukup.

Defisiensi vitamin B2 dan B6 bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk menyiasatinya, minum satu-dua gelas air saat bangun pagi setelah Anda minum alkohol di malam harinya, dan selalu cukupi asupan cairan Anda sepanjang hari.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata Softgel

  • Makanan asin atau pedas

Jika anda termasuk orang yang mudah mengalami bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya mulai kurangi konsumsi makanan asin. Garam yang terkandung dalam makanan asin kesukaan Anda bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Begitu pula dengan makanan pedas.

Solusinya, perbanyak buah dan sayur yang bisa mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

  • Ekspos matahari berlebihan

Paparan sinar matahari adalah penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah, bahkan ketika cuaca berawan dan mendung.

Oleskan lipbalm yang mengandung minimal SPF15 setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan. Pilih lipbalm yang mengandung titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone (butylmethoxydibenzoylmethane) sebagai properti pelindung UVA.

Kandungan lipbalm itu sendiri membantu melembapkan bibir, sementara properti pelindung sinar matahari yang terdapat di dalamnya akan meminimalisir efek pengeringan bibir.

  • Konsumsi obat-obatan

Beberapa obat-obatan bisa meningkatkan risiko bibir pecah, seperti:

-Suplemen vitamin A
-Retinoid (Retin-A, Differin)
-Lithium – obat-obatan gangguan bipolar
-Obat-obatan kemoterapi
-Obat anti-jerawat isotretinoin, atau Accutane

Itu dia Kebiasaan Yang Menyebabkan Bibir Kering Dan Pecah-Pecah. Jika anda tidak ingin bibir kering mengganggu penampilan, maka hindarilah kebiasaan buruk penyebab bibir kering seperti diatas.

Baca Juga : Makanan Yang Harus Dihindari Sebelum Berenang

– Kebiasaan Yang Menyebabkan Bibir Kering Dan Pecah-Pecah –