Jenis Makanan Sehat Wanita Paruh Baya

Kenali Jenis Makanan Sehat Wanita Paruh Baya, karena pada usia wanita paruh baya kita justru harus lebih selektif dan hati-hati dalam memilih makanan.

Jenis Makanan Sehat Wanita Paruh BayaMenjadi tua memang tak bisa dicegah. Proses penuaan (aging) ini disertai dengan menurunnya kekuatan tubuh dalam berbagai hal. Salah satunya adalah menurunnya sistem metabolisme tubuh, seperti pergerakan yang berkurang, tergangguanya intelektualitas, mulai suka mengisolasi diri, menurunnya vitalitas, insomnia (susah tidur), kemunduran panca indra, dan kemunduran proses penyembuhan karena berbagai hal terutama penyakit.

Bukan hanya ditandai dengan menurunnya metabolisme tubuh, perubahan fisik juga turut menyertai lansia, seperti, gigi ompong, persendian kaku, gampang kesemutan, kulit keriput, perut sering mual, dan susah buang air besar. Susah buang air besar (BAB) adalah hal yang paling sering dikeluhkan para lansia. Ditambah pola makan yang tidak sehat dan tidak sehat akan memperburuk kondisi lansia. Oleh sebab itu, lansia sebaiknya lebih memperhatikan pola hidup sehat dan memahami keadaan tubuhnya. Beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh lansia, seperti menghindari gula pasir yang dapat membut asam lambung meningkat, gorengan, buah seperti mangga dan nanas, dan garam.

Baca juga : Manfaat Kandungan Gizi dalam Kacang Merah Untuk Bayi

Wanita paruh baya / Lansia dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan lunak yang dapat membantu mempermudah sistem pencernaan mengolah makanan. Buah pisang dan umbi-umbian adalah salah satu makanan yang diperbolehkan. Jenis pengolahan makanan juga harus diperhatikan agar lansia tak merasa bosan dengan makanan yang disajikan. Mengolah makanan menjadi bubur atau membuat jenis makanan kukus dan direbus bisa menjadi alternatif. Selain itu konsumsi biji-bijian juga dianjurkan untuk lansia, contonya biji wijen, biji bunga matahari, dan biji semangka yang bisa meningkatkan saraf otak dan kaya akan kalsium. Tak kalah pentingnya adalah mengatur waktu makan untuk wanita paruh baya / lansia. Pengaturan waktu makan ini diperlukan untuk tetap menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan

Berikut Ini Jenis Makanan Sehat Wanita Paruh Baya

Pada usia wanita paruh baya kita justru harus lebih selektif dan hati-hati. Berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita paruh baya :

Beras merah

Beras merah mengandung banyak zat yang diperlukan oleh tubuh. Satu cangkir beras merah saja sudah dapat memenuhi kebutuhan 88% mangan. Mangan adalah sejenis mineral yang berfungsi untuk mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi.

  • Yoghurt

Kandungan yang dimilikinya hampir sama dengan susu, namun dari hasil fermentasinya akan menghasilkan bakteri baik yang berfungsi baik pada sistem pencernaan tubuh, terutama bagi wanita usia lanjut akan membantu sistem ekskresi yang tidak lancar. Rutin mengkonsumsi yoghurt akan terhindar dari segala macam penyakit atau peradangan pada usus besar.

  • Telur

Berdasarkan Biological and Pharmaceutical Bulletin, protein yang terdapat dalam kuning telur dapat memperlambat pembentukan fibrinogen dalam darah. Fibrinogen adalah protein dalam darah yang akan diubah menjadi fibrin. Fibrin berfungsi dalam pembekuan darah. Sementara itu, darah yang membeku dalam aliran darah inilah yang dap menimbulkan stroke dan serangan jantung. Jadi, telur ini berfungsi melindungi pembuluh darah dan jantung. Tapi, hal penting yang harus diingat, konsumsi telur tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Ikan

Sejak dulu, ikan sudah terkenal dengan kandungan Omega 3 yang sangat diperlukan oleh tubuh dan perkembangan otak pada anak-anak. Ternyata, tidak hanya anak-anak saja yang dianjurkan untuk mengonsumsi ikan. Wanita paruh baya juga sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi ikan karena asam lemak Omega 3-nya berfungsi sebagai zat anti pembengkakan. Omega 3 sangat dibutuhkan untuk memberikan perlindungan terhadap nyeri persendian yang sering mendera wanita di usia 40 tahun ke atas.

  • Sayuran dan buah-buahan

Tidak ada yang lebih sehat daripada buah dan sayur. Segala serat, vitamin dan mineral alami akan mampu memenuhi kebutuhan asupan gizi tubuh anda. Kandungannya memenuhi kebutuhan tubuh untuk melancarkan sistem metabolisme. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, metabolisme yang baik akan menambah dan menjaga kebugaran tubuh. Contoh, sayur bayam mengandung lutein sejenis karotenoid. Jika dikonsumsi secara teratur akan menghindari resiko katarak mata. Namun jangan terlalu banyak sebab ada beberapa kandungan nutrisi yang terlalu tinggi dan justru akan menyebabkan permasalahan pada tulang dan tekanan darah.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai “jenis makanan sehat wanita paruh baya“. Semoga artikel sederhana yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua. Terus kunjungi situs http://obatherbalpenghancurbatuginjal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Jenis Makanan Sehat Wanita Paruh Baya