Jenis Makanan Penambah Darah Rendah Super Cepat

Jika anda sering merasa pusing,rasa ingin pingsan dll,hati-hati gejala anemia. Untuk itu anda harus mengenal jenis makanan penambah darah rendah super cepat.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan seputar jenis makanan penambah darah rendah super cepat. Nah untuk anda penderita anemia atau kurang darah anda wajib menyimak kutipan pada artikel sederhana ini. Simak sampai tuntas ulasan berikut!

Jenis Makanan Penambah Darah Rendah Super CepatJenis makanan penambah darah rendah super cepat | Salah satu cara untuk mencegah anemia atau kekurangan darah adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan dan buah penambah darah. Hal ini tentu saja lebih aman dilakukan ketimbang harus mengonsumsi obat-obatan atau suplemen yang biasa dijual di pasaran. Nah, anemia sendiri biasanya ditandai dengan rasa pusing, letih, lesu, dan juga cepat lelah ketika beraktivitas. Mengapa bisa terjadi kekurangan sel darah merah? Pada umumnya yang menjadi masalah adalah karena seseorang kekurangan asupan zat besi. Oleh karena itu yang dibutuhkan oleh para penderita anemia atau kekurangan darah merah ini adalah mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi. Dari mana bisa mendapatkan asupan zat besi? Pada artikel kali ini kami akan menyampaikan informasi kepada Anda mengenai jenis makanan dan juga buah buahan penambah darah yang mengandung zat besi.

Sekilas Seputar Anemia / Kurang Darah

Anemia atau penyakit kurang darah adalah keadaan dimana jumlah sel darah merah(hemoglobin) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh. Kekurangan darah, masih banyak dianggap remeh oleh berbagai kalangan. Sel darah merah sangat penting untuk kesehatan, karena yang mengangkut makanan dan oksigen adalah darah. Jika kekurangan darah atau anemia, maka badan akan terasa lemah, lesu, lunglai, atau bahkan pengeliatan akan berkunang-kunang.

Anemia sendiri memiliki banyak jenis dan tipe, yaitu :

  • Iron Deficiency Anemia, terjadi ketika tubuh memiliki zat besi yang terlalu rendah hingga tidak mendukung pembentukan sel dara merah.
  • Anemia of Chronic Disease, sebuah jenis kurang darah yang diakibatkan karena tubuh tidak memiliki sel darah merah yang sehat.
  • Aplastic Anemia, terjadi ketika tubuh tidak lagi memproduksi sel darah merah.
  • Anemia with Bone Narrow Disease. Terjadi ketika sel sel induk di sum sum tulang yang akan menjadi sel darah merah berhenti berproduksi.
  • Hemolytic Anemia, suatu kondisi dimana sel darah merah di matikan oleh aliran darah sebelum berakhirnya masa hidup mereka.
  • Sickle Cell Anemia, kelainan produksi sel darah merah dimana berbentuk sabit.

Menjaga Produksi Sel Darah Merah

Apabila anda termasuk ke dalam faktor resiko dari anemia atau kurang darah, anda dapat melakukan hal – hal berikut ini agar tubuh anda dapat memproduksi sel darah merah secara optimal :

  • Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah, antara lain yang mengandung :Zat besi (baca : Makanan yang mengandung zat besi)
  • Asam folat (baca : makanan yang mengandung asam folat)
  • Vitamin B – 12 (baca : Makanan yang mengandung vitamin B12)
  • Vitamin C (makanan yang mengandung vitamin c & Buah yang mengandung vitamin C)
  • Melakukan transfusi darah
  • Olahraga secara teratur
  • Selalu lakukan pola hidup sehat

Bahaya Kelebihan Sel Darah Merah

Terlalu banyak kandungan sel darah merah juga dapat berpengaruh buruk bagitubuh. Berikut ini adalah efek – efek butuk dari terlalu banyaknya sel darah merah di dalam tubuh :

  • Kerja jantung yang tidak optimal. Salah satu dampak buruknya adalah kerja jantung yang tidk optimal dan malahan bertambah berat. hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan sel darah merah, sehingga jantung harus bekerja ekstra dalam memompa darah. Hal ini dapat menyebabkan :Jantung berdetak lebih cepat
  • Pendarahan. Tingginya kandungan darah juga akan menyebabkan terjadinya pendarahan di beberapa titik tertentu, seperti kelopak mata, dan beberapa bagian tubuh lain. yang paling terlihat adalah bola mata menjadi merah tanpa sebab, dan bukan karena iritasi mata.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Menambah Darah

Nutrisi pada makanan penambah darah yang wajib terdapat adalah sekitar 8 gizi utama. Berikut ini 8 (delapan) zat penting dalam makanan yang kalau dikonsumsi akan menambah darah dalam tubuh. Kandungan zat ini sangat baik untuk penyembuhan mereka yang menderita penyakit anemia.

  • Makanan yang mengandung Vitamin A

Jenis buah-buahan banyak mengandung beberapa vitamin sekaligus. Vitamin A ada pada buah-buahan seperti, buah Plum, Aprikort, Jeruk, Semangka, Melon, dan Mangga. Buah ini membantu agar zat besi untuk masuk ke dalam haemoglobin untuk mengikat oksigen. Buah-buahan ini bagus untuk kesehatan mata, dan meningkatkan jumlah sel darah merah.

  • Makanan Kaya Vitamin B Kompleks

Buah yang memiliki vitamin B-kompleks sangat penting untuk produksi dan fungsi sel darah merah. Buah-buahan yang bervitamin B-Kompleks ada dalam buah Nanas, Delima, Kurma, Alpukat, dan Pisang. Vitamin B-kompleks bisa membantu dan memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

  • Makanan yang mengandung Vitamin C

Buah-buahan kebanyakan mengandung Vitamin C, seperti buah Jeruk, Nanas, Mangga, Jambu Biji, dan Melon. Vitamin-vitamin ini akan membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Buah Jambu biji memiliki kandungan Vitamin C sebanyak 2 kali lebih banyak dari Vitamin C yang ada di buah Jeruk. Dalam jeruk terdapat serat, Asam Folat, dan Antioksidan. Dalam buah Mangga terdapat juga zat antioksidan yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Makanan yang mengandung Zat Besi

Mengonsumsi makanan yang kaya Fe (zat besi) akan dapat mencegah anemia. Fe sangat penting sebagai pembentuk sel darah merah karena sifat zat besi yang mampu mengikat oksigen. Selain itu menjaga seluruh sel tubuh agar terpenuhi kebutuhan oksigen. Fe dalam sumber makanan protein hewani terdapat dalam daging merah dan jeroan. Sayuran yang mengandung Fe adalah kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau (bayam dan kangkung), kismis kering dan kuning telur. Buah-buahan yang mengandung Zat Fe adalah buah Alpukat, Anggur, Semangka, Cerry, Ara, Raspberry, Plum dan Anggur. Makanan Kaya Zat untuk meningkatkan anemia dalam darah Salah satu buahnya adalah buah naga yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam darah, menyeimbangkan gula darah dan baik untuk sistem peredaran darah. Oleh karenanya buah naga ini baik untuk penderita anemia.

Makanan Penambah Darah Dari Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah sayuran yang berasal dari tumbuhan kacang berikut beberapa diantaranya : buncis,  kacang merah,  kacang panjang,  kacang hijau,  kacang almond. Kacang-kacangan mengandung zat besi yang mampu menaikkan kadar haemoglobin dalam darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan, sehingga dapat mebantu menaikkan tekanan darah.

  • Makanan yang mengandung Asam Folat

Asam Folat merupakan Vitamin B-9 yang termasuk ke dalam Vitamin B-Kompleks. Vitamin ini dibutuhkan untuk membuat sel-sel darah merah baru. Kekurangan Asam Folat akan membuat tubuh menjadi anemia. Makanan yang mengandung Asam Folat di antaranya roti dan sereal, yang diperkaya dengan sayuran berdaun hijau, jeruk, pisang, sereal, pasta, kacang kering, kacang polong dan kacang-kacangan lainnya.

  • Makanan yang mengandung Vitamin B-12

Vitamin B-12 merupakan Vitamin B-Kompleks yang berperanan dalam sintesis DNA dan produksi sel-sel darah merah. Sumber Vitamin B-12 ada dalam hati sapi, ikan, daging merah, telur, sereal dan susu.

Makanan Penambah Darah Kategori Daging

Daging sebenarnya telah sangat terkenal dengan kemampuannya untuk menambah darah dengan cepat. Boleh dikatakan ia merupakan makanan penambah darah yang sangat cepat dan efektif. Secara keseluruhan, dengan mengonsumsi makanan yang bisa menaikkan darah seperti Daging, Sayur, Kacang-kacangan, Ikan-ikan dari laut, dan Buah-buahan, maka anemia dan tekanan darah rendah dapat ditanggulangi.  Berikut ini bahan makanan yang berperan dalam menaikkan sel-sel darah merah dalam tubuh.

  • Daging Merah (Daging sapi, kambing dan kerbau). Daging merah kaya akan protein hewani dan banyak mengandung zat besi (Fe), protein dan mineral lainya. Keberadaan zat besi akan mampu meningkatan haemoglobin dengan cepat. Konsumsi daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang akan diperlukan tubuh. Protein juga diperlukan untuk menyusun sel-sel darah merah. Selain dalam daging, protein juga ditemukan dalam telur, ikan, dan kacang-kacangan. Untuk kesehatan tubuh, hindarkan konsumsi daging berlebih karena akan meningkatkan risiko cardiovaskuler.
  • Ikan. Ikan mengandung asam lemak Omega-3. Pada telur ikan mengandung nutrisi protein, karbohidrat, dan zat besi. Ikan Salmon, sebagai contohnya, bermanfaat untuk menambah darah karena selain mengandung Omega-3 juga mengandung Vitamin B-12 untuk pembentukan sel-sel darah. Ikan juga termasuk makanan rendah kolesterol jahat yang dapat membahayakan tubuh.
  • Daging dan Hati Ayam. Protein hewani dapat menaikkan tekanan darah dan anemia, protein ini juga untuk membangun sel termasuk sel darah merah. Hati mengandung zat besi yang bermanfaat untuk penambah darah.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai jenis makanan penambah darah rendah super cepat, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatherbalpenghancurbatuginjal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Jenis Makanan Penambah Darah Rendah Super Cepat