Jenis Makanan Berwarna Hitam Yang Justru Baik Untuk Kesehatan

Warna hitam identik dengan hal yang negatif dan bisa jadi menjijikan apalagi bila muncul di makanan. Namun dibawah ini kami akan mengungkap bahwa ada beberapa Jenis Makanan Berwarna Hitam Yang Justru Baik Untuk Kesehatan. Simak selengkapnya dibawah ini.

Jenis Makanan Berwarna Hitam Yang Justru Baik Untuk Kesehatan

Jenis Makanan Berwarna Hitam Yang Justru Baik Untuk Kesehatan | Banyak yang beranggapan jika makanan dengan warna cerah dianggap lebih menarik, karena warna cerah pada makanan dipercaya mampu meningkatkan selera makan seseorang. Seperti yang Anda ketahui bahwa rasa tertarik pada sesuatu, awalnya berasal dari mata, begitu pula dengan makanan.

Namun tak selalu cerah, ada juga makanan yang berwarna hitam. Warna hitam memang identik dengan hal yang negatif, bahkan bisa dikatakan menjijikkan. Sehingga, makanan yang berwarna hitam hanya memiliki sedikit peminat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata makanan yang berwarna hitam memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis makanan hitam yang baik untuk dikonsumsi :

  • Beras Hitam

Beras hitam sering disebut dengan beras terlarang meskipun tidak banyak diketahui seperti beras merah tetapi kaya akan menfaat untuk kesehatan tubuh. Beras hitam bisa dijadikan sebagai makanan untuk diet, sama seperti beras merah. Akan tetapi, beras hitam memiliki kandungan kalori lebih rendah bila dibandingkan jenis beras lainnta. Selain itu, beras ini juga memiliki kandungan serat lebih tinggi dan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Bahkan, beras ini juga mampu untuk mencegah penyakit berbayaha, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan beras hitam memiliki sifat anti inflamasi. ( Obat Herbal Hidrosalping Tuba )

  • Kacang Hitam

Makanan berwarna hitam yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah kacang hitam. Kacang hitam umumnya dikonsumsi oleh pelaku diet. Biasanya, mereka akan mengonsumsi kacang hitam dengan beras merah untuk mendapatkan karbohidrat yang sehat, serta protein yang lengkap. Kacang hitam mengandung serat dan protein, vitamin A, mineral penting seperti zat besi, dan kalsium. Selain itu, kacang hitam juga termasuk salah satu sumber asam folat yang alami. Kemudian, kacang ini juga kaya akan senyawa flavonoid, antosianin serta asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk tubuh.

  • Jamur Hitam

Jamur hitam atau yang biasa disebut dengan jamur kuping mungkin sudah cukup familiar di telinga masyarakat. Jamur ini bisa di konsumsi dengan diolah menjadi tumis jamur kuping. Tahukah Anda bahwa jamur ini ternyata sangat baik untuk kesehatan? Hal ini dikarenakan jamur hitam memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jamur hitam kaya akan kalsium yang berfungsi untuk mengajaga struktur dan kekuatan tulang. Selain itu, vitamin D yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu pertumbuhan dan menambah tinggi badan. Tidak hanya itu, jamur kuping juga baik bagi Anda yang memiliki penyakit anemia atau tekanan dara rendah karena jamur ini kaya akan zat besi. ( Obat Penglihatan Ganda )

  • Quinoa hitam

Quinoa berwarna hitam ternyata memiliki rasa yang lebih daripada quinoa putih. Selain itu, quinoa hitam juga sarat protein, serat, zat besi, dan folat.

  • Bawang putih hitam

Bawang putih hitam memiliki kandungan zat antioksidan dan vitamin C dua kali lipat lebih tinggi daripada bawang putih biasa.

  • Wijen hitam

Wijen hitam merupakan sumber makanan yang kaya seng, kalsium, dan asam folat. Si kecil ini juga diperkaya dengan asam oleat, asam lemak tak jenuh yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat.

Nah, itulah beberapa Jenis Makanan Berwarna Hitam Yang Justru Baik Untuk Kesehatan. Selamat mencobanya..

Baca Juga : Hindari Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal Berikut Ini

| Jenis Makanan Berwarna Hitam Yang Justru Baik Untuk Kesehatan |