Hindari Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal Berikut Ini

Batu ginjal bisa terjadi karena adanya penumpukan mineral dan garam di dalam ginjal. Makanan dan minuman tertentu mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan kristal di dalam organ ginjal. Hindari Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal Berikut Ini agar dapat terhindari dari penyakit batu ginjal.

Hindari Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal Berikut Ini

Hindari Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal Berikut Ini | Batu pada saluran kencing, khususnya batu ginjal, terbentuk jika dalam urin terdapat zat-zat pembentuk kristal, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat sementara jumlah cairan dalam urin sedikit dan tak mampu melarutkannya. Karena konsentrasinya tinggi, terbentuklah kristal-kristal mengendap dan saling menempel sehingga muncul batu ginjal.

Gejala batu ginjal bervariasi, tapi ada beberapa keluhan umum seperti sakit pinggang, sering buang air kecil, mual, demam, menggigil, dan kelelahan ekstrem. Kendati demikian, batu ginjal merupakan salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh sebagian besar orang yang kurang minum, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan, faktor keturunan, kelebihan berat badan, masalah pencernaan, dan diet yang tidak tepat.

Berikut ini ada contoh makanan tertentu yang dapat memicu batu ginjal, berikut diantaranya :

  • Makanan tinggi sodium

Sodium, yang biasa terdapat dalam garam dan makanan kemasan, merupakan salah satu komponen yang dapat meningkatkan risiko Anda menderita batu ginjal karena diet tinggi sodium cenderung memicu peningkatan kadar kalsium dalam urin. Beberapa contoh makanan yang mengandung sodium tinggi yaitu:

-Makanan kaleng
-Daging olahan (seperti bacon, nugget, ham, sosis)
-Kecap atau saus
-Kacang-kacangan yang sudah diasinkan
-Makanan siap saji (seperti sereal instan, mie instan)

  • Protein hewani

Daging dan sumber protein hewani lainnya (seperti telur dan seafood) mengandung purin. Purin nantinya akan diubah menjadi asam urat di dalam urin. Asam urat merupakan salah satu bahan pembentuk batu ginjal sehingga terlalu banyak konsumsi protein hewani dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal di kemudian hari. Selain daging, organ lain seperti hati dan jeroan juga mengandung purin yang tinggi. Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 170 gram daging per harinya.

Selain risiko menumpuknya asam urat, protein yang berasal dari hewan juga meningkatkan risiko terbentuknya batu kalsium dengan cara meningkatkan ekskresi kalsium tetapi mengurangi kadar sitrat dalam urin. Padahal sitrat dapat mencegah terbentuknya batu ginjal, tetapi asam dalam protein hewani mengurangi kadar sitrat tersebut. ( Baca Juga : Obat Hidrosalping )

  • Makanan tinggi oksalat

Sebagai salah satu pembentuk batu ginjal, oksalat sebenarnya dihasilkan juga oleh tubuh misalnya dari hasil sampingan pemecahan vitamin C. Namun mengonsumsi makanan yang memiliki kadar oksalat tinggi dapat meningkatkan jumlah oksalat dalam urin di mana nantinya oksalat tersebut akan berikatan dengan kalsium membentuk batu kalsium oksalat. Beberapa jenis makanan yang harus Anda perhatikan terkait kadar oksalatnya yaitu:

-Bayam
-Okra
-Beet
-Kiwi
-Almond
-Kacang mede
-Produk kedelai
-Bekatul dari gandum
-Kokoa, cokelat
-Teh
-Makanan tinggi vitamin C. Konsumsi lebih dari 1000 mg vitamin C per hari dapat meningkatkan kadar oksalat.

Nah, itulah sederet jenis makanan yang dapat memicu batu ginjal. Sebaiknya batasi konsumsi makanan-makanan diatas supaya terhindari dari penyakit batu ginjal.

Baca Juga : Jangan Larang Anak Main Di Luar Rumah! Ini Manfaatnya

| Hindari Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal Berikut Ini |