Gejala Awal Sakit Ginjal Ini Wajib Untuk Anda Ketahui

Ginjal merupakan salah satu organ penting bagi tubuh manusia. Kerusakan dan penurunan fungsi ginjal dapat menimbulkan beragam masalah bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Penting untuk mengenali gejala awal penyakit ginjal agar tak terlambat dalam menanganinya. Gejala Awal Sakit Ginjal Ini Wajib Untuk Anda Ketahui.

Gejala Awal Sakit Ginjal Ini Wajib Untuk Anda Ketahui

Gejala Awal Sakit Ginjal Ini Wajib Untuk Anda Ketahui | Gejala sakit ginjal biasanya terjadi karena adanya penumpukan kotoran dan kelebihan cairan dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, sesak nafas, sulit untuk fokus dan bahkan adanya bengkak dibagian tubuh tertentu, seperti bawah mata dan kaki.

Ketidakmampuan ginjal untuk membuang racun yang dibawa dari darah, dapat memicu irama jantung jadi tidak normal dan bahkan menyebabkan kematian mendadak. Sayangnya, deteksi awal gejala sakit ginjal ini tidak banyak dirasakan, namun jika diabaikan akan menyebabkan bahaya yang lebih besar.

Pada tahap sakit ginjal akut, fungsi ginjal lambat laun akan mulai menghilang, dan akan berdampak besar bagi aktivitas sehari-hari Anda. Karena jumlah ginjal dalam tubuh ada dua, bila ada satu ginjal yang tidak berfungsi, fungsi tubuh akan menjadi timpang. Tetapi, Anda bisa masih hidup dengan satu ginjal atau dengan melakukan transplantasi (donor) ginjal dan cuci darah bila keduanya sudah tidak berfungsi. Berikut ciri dan gejala sakit ginjal yang harus diwaspadai :

  • Nyeri pinggang belakang

Ginjal terletak di bagian belakang perut, tepatnya di sisi tulang belakang bagian bawah punggung Anda. Itu sebabnya, gejala sakit ginjal yang paling kentara adalah rasa nyeri pinggang belakang. Gejala ini timbul karena ginjal membengkak sehingga menekan punggung, yang akhirnya menimbulkan rasa sakit.

  • Kebiasaan buang air kecil berubah

Tugas utama ginjal adalah memproduksi urin. Maka, ketika muncul masalah pada ginjal tentu akan berimbas pada kebiasaan buang air kecil Anda. Entah itu frekuensi buang air kecil jadi lebih sering, jadi terasa sakit saat buang air kecil, maupun warna urin yang berubah cenderung keruh dan tidak jernih seperti biasanya.

  • Sesak napas

Gejala ginjal sakit atau fungsi ginjal yang tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan cairan berlebihan menutup paru-paru sehingga penderita merasa sesak napas. Selain itu, kurangnya pasokan oksigen pembawa sel-sel darah merah menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan kehabisan napas.

  • Tubuh terasa dingin

Anemia sangat berhubungan dengan gagal ginjal. Anemia juga bisa menyebabkan tubuh merasa dingin sepanjang waktu. Dalam beberapa kasus, penderita akan merasa sangat dingin dan menggigil saat tengah malam.

  • Gangguan hormon

Gejala ginjal tidak sehat juga dapat terlihat dari produksi hormon yang diproduksi ginjal berlebihan. Dampak peningkatan hormon ini bisa meningkatan tekanan darah. Sebaliknya, hormon lainnya jadi berkurang produksinya. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi lelah, kekurangan darah, dan tulang rapuh.

  • Gatal berlebih

Gejala sakit ginjal menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran atau sisa metabolisme dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa gatal yang berlebihan. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan karena sering digaruk. Biasanya rasa gatal ini disertai dengan pembengkakan di bagian tubuh penderita seperti tangan, pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan bagian tubuh lainnya.

  • Bengkak pada area tubuh

Bengkak yang terjadi pada beberapa area tubuh seperti wajah, kaki, tangan, dan pergelangan kaki bisa terjadi akibat ketidakmampuan ginjal mengeluarkan cairan dari tubuh. Hal ini adalah salah satu gejala penyakit ginjal.

  • Darah dalam urin

Kerusakan ginjal akan memicu keluarnya protein melalui urin bersama dengan sel darah merah. Akibatnya, Anda akan melihat hasil akhir berupa darah pada urin. Dalam beberapa kasus, urin juga bisa mengandung nanah akibat adanya masalah pada kandung kemih Anda.

  • Mudah lelah dan sulit berkonsentrasi

Mudah lelah dan sulit konsentrasi adalah dua gejala awal sakit ginjal yang sering disepelekan, karena sering disalahpahami sebagai efek stres atau kecapekan biasa.  Padahal nyatanya, penurunan fungsi ginjal bisa mengakibatkan racun dan kotoran menumpuk dalam darah. Timbunan racun ini nantinya dapat menyebabkan seseorang mudah lelah dan susah berpikir jernih.

Baca Juga : Obat Penurun Gula Darah | Obat Herbal Program Hamil

| Gejala Awal Sakit Ginjal Ini Wajib Untuk Anda Ketahui |