Bercermin Dari Kasus Anak Denada, Ini Gejala Leukimia Pada Anak

Berita yang sedang hangat diperbincangkan saat ini adalah mengenai anak semata wayang artis Denada yang dinyatakan mengidap kanker darah/ leukimia. Bagi anda yang tidak ingin anaknya mengidap hal serupa, mari Bercermin Dari Kasus Anak Denada, Ini Gejala Leukimia Pada Anak.

Bercermin Dari Kasus Anak Denada, Ini Gejala Leukimia Pada Anak

Bercermin Dari Kasus Anak Denada, Ini Gejala Leukimia Pada Anak | Kasus kanker pada anak terus meningkat tiap tahunnya. Dari data Kementerian Kesahatan berupa Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 (Riskesdas) menunjukkan jumlah kasus (prevelensi) kanker anak umur 0-14 tahun sebesar sekitar 16.291 kasus.

Sementara jenis kanker yang paling banyak diderita anak di Indonesia yaitu Leukemia, seperti yang dialami Shakira Aurum, putri semata wayang Denada Tambunan dan Jerry Aurum.

Kanker pada anak memang cenderung sulit dideteksi. Anak maupun bayi belum bisa menceritakan gejala atau nyeri yang dialaminya. Untuk itu peran orangtua sangat penting dalam mengenali tanda-tanda dan gejala kanker pada anak sehingga kemungkinan untuk penanganan segera dan tingkat kesembuhan menjadi jauh lebih besar.

Penyakit leukemia sendiri bisa terjadi karena multifaktor, yaitu, genetik, zat kimia, virus, radiasi. Dikutip dari depkes.go.id, kanker dapat menyerang anak mulai dari usia bayi hingga usia 18 tahun. Ada gejala-gejala yang sangat khas pada anak yang menderita kanker darah. Beriku gejala yang harus diwaspadai :

  • Mudah memar

Anak-anak biasanya sangat aktif dan sering menghabiskan waktunya bermain di luar ruangan. Aktifitas tersebut bisa menyebabkan sang anak mendapat luka memar. Namun jika anak mudah memar saat terkena benturan lembut, maka orang tua wajib waspada. Pasalnya, hal itu bisa menjadi tanda penyakit Leukimia.

  • Hidung Berdarah

Orangtua juga wajib waspada jika sang anak sering mengalami hidung berdarah. Pembuluh darah di hidung menjadi lebih lemah dan cenderung mudah pecah saat anak-anak terjangkit penyakit Leukimia.

  • Nafsu Makan Menurun

Jika tiba-tiba nafsu anak turun drastis dan tak seperti biasanya, maka itu bisa jadi tanda Leukimia. Ketika anak terkena kanker darah, sel-sel mulai menumpuk di perut dan limpa. Hal tersebut menyebabkan usus memproduksi lebih sedikit cairan pencernaan sehingga mengurangi rasa lapar. (Obat Pelangsing Herbal)

  • Sering infeksi

Leukimia mempengaruhi sel darah putih dan mulai menghancurkannya secara perlahan. Sel darah putih sangat penting untuk menemukan penyakit dan penyebab infeksi. Gejala Leukimia ini dapat menurunkan kekebalan tubuh.

  • Sakit Perut

Banyak anak mengalami sakit perut akibat gangguan pencernaan dan gas. Namun, jika sang anak mengeluhkan sakit perut yang hebat tanpa adanya gangguan pencernaan, maka bisa jadi sel Leukimia yang terakumulasi di perut telah mempengaruhi jaringan perut.

  • Masalah Pernafasan

Jika ada sel kanker dalam darah karena Leukimia, maka sel tersebut akan mulai menghancurkan sel-sel paru-paru. Sehingga menyebabkan masalah pernafasan.

  • Nyeri

Jika anak mengeluhkan nyeri sendi, lutut, siku, punggung, dan bagian tubuh lain, bisa jadi itu merupakan tanda Leukimia. Penumpukan sel kanker dalam darah di sekitar sendi bisa menyebabkan radang dan nyeri.

  • Anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana sel darah merah dalam tubuh menurun dan menyebabkan kelemahan. Jika kamu mendapati anak mengalami gejala anemia seperti pusing, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan lain-lain maka segera lakukan tes darah. Jika hasil tes darah menunjukkan positif anemia, maka lakukan pemeriksaan Leukimia juga.

  • Bengkak

Jika ada pembengkakan di bagian tubuh anak seperti ketiak, persendian, leher, tulang selangka, dan lain-lain, segera periksakan anak tersebut. Sel kanker dapat mempengaruhi kelenjar getah bening yang terletak di area tubuh ini dan menimbulkan pembengkakan.

Baca Juga : Tekanan Darah Yang Terlalu Tinggi Bisa Picu Masalah Impotensi

| Bercermin Dari Kasus Anak Denada, Ini Gejala Leukimia Pada Anak |