Beragam Gangguan Tidur Akibat Penyakit Diabetes Melitus

Sebagian pengidap diabetes melitus akan mengalami gangguan tidur di malam hari. Tak jarang, peristiwa ini membuat mereka tak bersemangat, badan lemas, dan selalu mengantuk diwaktu siang. Lantas apa saja gangguan tidur tersebut? Simak dibawah ini untuk mengetahui Beragam Gangguan Tidur Akibat Penyakit Diabetes Melitus.

Beragam Gangguan Tidur Akibat Penyakit Diabetes Melitus

Beragam Gangguan Tidur Akibat Penyakit Diabetes Melitus | Diabetes merupakan suatu kondisi dimana tubuh anda tidak dapat memproduksi cukup insulin, atau insulin tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan kelebihan kadar glukosa dalam darah. Gejala yang dialami penderita diabetes dapat bervariasi, tergantung dari seberapa terkontrolnya gula darah anda. Namun tidak jarang penderita diabetes juga mengalami gangguan tidur. Dan berikut ini beragam gangguan tidur yang diakibatkan oleh penyakit diabetes :

  • Obstructive sleep apnea (OSA)

Obstructive sleep apnea merupakan gangguan tidur tersering pada pengidap diabetes yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Kondisi ini terjadi bila pernapasan Anda hilang timbul—ditandai dengan adanya periode henti napas—di sepanjang waktu tidur. Keluhan utama yang khas adalah mengorok kala tidur. Keluhan lain, seperti rasa lelah dan mengantuk di siang hari.

  • Restless leg syndrome (RLS)

Keluhan khas dari RLS adalah dorongan terus-menerus untuk menggerak-gerakkan kaki, yang umumnya terjadi di malam hari. Akibatnya, Anda akan sulit tertidur atau mempertahankan tidur. Biasanya, RLS terjadi akibat kekurangan zat besi. Namun, faktor lain juga dapat memengaruhi kemunculannya, seperti kadar gula darah yang tinggi, gangguan ginjal, kelainan tiroid, serta merokok. (Obat Herbal Diabetes Melitus)

  • Insomnia

Pengidap diabetes memang lebih berisiko mengalami insomnia akibat kadar gula darah yang tinggi. Namun, kemunculannya bergantung dari ada atau tidaknya pemicu, seperti stres fisik atau stres emosional. Anda dianggap mengalami insomnia bila sering sulit tertidur atau mempertahankan tidur. Begitu pula bila Anda sering bangun terlalu dini dan tak mampu tidur kembali. Saat terbangun pun, biasanya masih merasa lelah atau mengantuk.

Bagaimana cara mengatasi gangguan tidur akibat diabetes?

Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut untuk mendapat istirahat yang lebih berkualitas di malam hari:

  1. Hindari menggunakan ponsel saat malam sebelum tidur karena cahaya dapat membuat Anda terjaga. Anda dapat membaca buku sebelum tidur untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.
  2. Jangan mengonsumsi alkohol sebelum tidur.
  3. Matikan ponsel Anda agar pesan atau telepon yang masuk tidak menganggu Anda.
  4. Suara kicauan burung, tukang sampah, atau mobil yang lewat di pagi hari dapat menganggu tidur Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat memasang kipas atau benda lain selama tidur, yang suaranya dapat mendistraksi Anda dari kebisingan tersebut.
  5. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama pula setiap pagi, termasuk di hari libur.
  6. Hindari mengonsumsi minuman berkafein dan berolahraga sebelum tidur. Kegiatan ini dapat meningkatkan aliran darah dan membuat tubuh Anda tetap terjaga.

Penyakit diabetes mellitus memang dapat memengaruhi kualitas tidur pengidapnya. Namun, keadaan ini tentu bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup dan pola tidur yang sehat. Sekian informasi mengenai Beragam Gangguan Tidur Akibat Penyakit Diabetes Melitus, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Masalah Kesehatan Yang Rentan Menyerang Pemudik

| Beragam Gangguan Tidur Akibat Penyakit Diabetes Melitus |