Benarkah Donor Darah Bisa Bikin Gemuk? Mari Simak Faktanya

Salah satu alasan mengapa orang enggan donor darah adalah karena kekhawatiran akan bikin badan gemuk. Ini adalah ketakutan yang menjadi keyakinan sejak zaman dahulu kala. Lantas, Benarkah Donor Darah Bisa Bikin Gemuk? Mari Simak Faktanya dibawah ini.

Benarkah Donor Darah Bisa Bikin Gemuk? Mari Simak Faktanya

Benarkah Donor Darah Bisa Bikin Gemuk? Mari Simak Faktanya | Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan donor darah masih terbilang minim. Dilansir dari data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kebutuhan minimal pasokan darah di Indonesia bisa mencapai 5,1 juta kantong darah per tahun. Nyatanya, rata-rata jumlah darah yang diterima hanyalah mencapai 3,4 juta donasi untuk mencukupi sekitar 4 juta kantong. Keengganan masyarakat untuk mendonorkan darahnya bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk salah satunya adalah mitos yang beredar bahwa donor darah bikin gemuk. Apa kata dunia medis soal ini?

Faktanya, donor darah tidak akan membuat Anda menjadi gemuk.

Berat badan bertambah ketika kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari asupan makanan. Selain dari makanan, ada banyak faktor lain yang membuat seseorang menjadi gemuk. Mulai dari genetik, jarang berolahraga, metabolisme tubuh yang lambat, efek samping obat-obatan, hingga kondisi kesehatan atau penyakit tertentu bisa membuat seseorang cepat gemuk. (Obat Penggemuk Badan)

Donor darah tidak pernah masuk ke dalam daftar penyebab seseorang menjadi gemuk secara medis. Jadi bertambahnya berat badan tidak ada kaitannya dengan donor darah. Memang, apa yang terjadi selama donor darah?

Setelah registrasi dan cek kesehatan, Anda akan diminta untuk berbaring atau duduk. Petugas donor kemudian akan memasukkan jarum steril ke kulit di bagian siku dalam selama 8-10 menit untuk mengumpulkan satu liter darah dan beberapa tabung sampel darah. Setelahnya, petugas akan menutup area bekas suntikan dengan perban. Setelah donor darah, Anda tidak akan merasakan apa pun— Anda bisa pulang dan melanjutkan rutinitas harian Anda.

FAKTANYA DONOR DARAH JUSTRU BIKIN BERAT BADAN TURUN

Donor darah bikin gemuk hanyalah mitos belaka. Yang benar dan sudah terbukti adalah bahwa donor darah itu bisa bikin kurus. Dilansir dari Live Strong, setiap kali mendonor satu kantung darah Anda bisa membakar sekitar 650 kalori. Itu sama dengan kalori yang dibakar jika Anda berlari selama 30 menit. Bayangkan berapa kilogram yang bisa turun jika Anda rutin mendonor, di samping tetap menjaga makan dan rutin olahraga?

Baca Juga : Perbedaan Ngantuk Biasa Dengan Mengantuk Karena Diabetes

| Benarkah Donor Darah Bisa Bikin Gemuk? Mari Simak Faktanya |