10 Makanan Penurun Kadar Asam Urat

Jika anda penderita asam urat, maka anda wajib mengetahui 10 makanan penurun kadar asam urat yang paling mujarab untuk pengobatan secara alami.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi 20 makanan penurun kadar asam urat. Artikel sederhana ini sangat tepat untuk anda simak sebagai penderita asam urat yang ingin menurunkan kadar asam urat tanpa menggunakan obat-obatan kimia berbahaya. Simak ulasannya sampai tuntas!

10 makanan penurun kadar asam urat | Mengkonsumsi makanan penurun asam urat bagi penderita dan yang rentan menderita asam urat tinggi sangatlah penting. Selama ini lebih banyak artikel memberikan penjelasan mengenai makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, padahal di sekitar kita banyak juga makanan penurun asam urat yang bisa kita coba. Mengkonsumsi makanan ini akan lebih banyak membantu menjaga kadar asam urat daripada hanya sekedar berpantang dengan makanan penyebab asam urat tinggi saja.

Penyebab Asam Urat dan Cara Untuk Mengatasinya

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa. Penumpukan asam urat di dalam sendi adalah penyebab penyakit asam urat. Asam urat sejatinya merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk ke ruang persendian dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka terjadilah peradangan yang terasa sangat sakit.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu naiknya kadar asam urat di dalam darah, salah satunya adalah makanan berzat purin tinggi yang kita konsumsi. Contoh-contoh makanan tersebut adalah jeroan hewan (ginjal, hati, jantung), hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), dan daging merah (sapi, kambing, kerbau).

Selain makanan, kita juga bisa berisiko mengalami penumpukan sama urat di dalam darah jika mengonsumsi minuman manis (baik gula buatan maupun alami) dan minuman beralkohol secara berlebihan.

Berikut Inilah 10 Makanan Penurun Kadar Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui

10-makanan-penurun-kadar-asam-uratHal paling penting untuk mengatasi angka kolesterol dan asam urat yang tinggi adalah dengan mengendalikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Makanan Mengandung Serat Tinggi

Semua jenis makanan yang mengandung serat tinggi bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Serat akan membantu proses pencernaan dan penyerapan sari makanan dalam tubuh. Selain itu serat juga bisa berfungsi untuk menyerap kadar asam urat dalam darah dan kemudian zat berbahaya ini akan dibuang lewat saluran urin. Serat juga bisa membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh yang mengurangi dampak kolesterol berlebihan.

Contoh Makanan : brokoli, oats, seledri, wortel, kale, sawi, tomat dan kubis.

Sayuran

Beberapa jenis sayuran bisa membantu tubuh menurunkan asam urat karena bisa mengurangi kadar asam dalam tubuh. Berbagai jenis sayuran hijau juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah serta menurunkan berat badan. Efeknya adalah kadar kolesterol akan menurun karena sayuran mengandung kalori yang rendah dan kadar serat yang tinggi.

Contoh Sayuran : Seledri menjadi sayuran terbaik untuk menurunkan asam urat dan kolesterol.

Buah Ceri

Buah ceri yang bisa didapatkan dalam bentuk kalengan juga sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Konsumsi buah ceri setiap hari bisa menurunkan asam urat yang tinggi, sesuai dengan hasil penelitian yang dikembangkan oleh Profesor Yiqing Zhang di Boston University. Buah ceri bisa dijadikan camilan rutin untuk setiap hari. Selain itu buah ceri juga membantu menghilangkan lemak dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan mengurangi beberapa resiko penyakit stroke dan serangan jantung. Buah ceri tidak mengandung lemak dan memiliki jumlah kalori yang cukup rendah.

Minyak Biji Rami

Minyak biji rami menjadi salah satu jenis minyak yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi. Minyak biji rami mengandung setidaknya 45 % serat dan 55 % asam lemak omega 3. Selain itu minyak biji rami yang mengandung kalium yang sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan darah. Minyak biji rami bisa menjadi pengganti minyak yang biasanya didapatkan tubuh dari sumber biji-bijian dan kacang-kacangan. Kedua jenis makanan ini biasanya dilarang untuk asam urat karena bisa meningkatkan kadar purin dalam tubuh.

Apel

Apel menjadi buah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan asam malat pada buah apel yang bisa menetralkan efek asam urat dalam tubuh. Zat ini juga bisa membantu pengeluaran asam urat dari tubuh  lewat saluran urin. Sementara kandungan pektin dalam buah apel bisa menghambat proses oksidasi kolesterol sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Efek lain dari buah apel adalah bisa meningkatkan peran antioksidan dalam tubuh untuk memerangi radikal bebas dan mencegah pembentukan plak di saluran pembuluh darah. Konsumsi apel setelah makan sangat disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi.

Alpukat

Alpukat mengandung kadar gula yang sangat rendah dan juga bisa meningkatkan kadar basa yang bisa memerangi kadar asam dalam tubuh. Alpukat juga sangat sehat untuk tubuh karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh. alpukat akan menghancurkan kolesterol yangb buruk dan menggantinya dengan kadar kolesterol yang sehat. Alpukat juga akan membantu menurunkan berat badan sebab berat badan berlebih memiliki resiko tinggi terhadap asam urat yang tinggi juga. Untuk hasil terbaik maka disarankan makan alpukat dalam campuran salad sayur dan buah.

Pisang

Pisang sebenarnya buah yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan pisang seperti gula yang rendah, kadar alkali yang cukup tinggi dan sumber kalium bisa menurunkan kadar asam urat. Kalium bisa membantu menurunkan kadar asam urat karena akan membantu mencairkan asam dalam tubuh dan kemudian keluar dari tubuh lewat saluran urin. Namun perhatikan untuk tidak makan berlebihan karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Sementara kandungan kalori dalam buah pisang memiliki efek mengenyangkan dalam waktu lama yang bisa menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol.

Air dan Teh Hijau

Air dan teh hijau sangat penting untuk menurunkan asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Air akan membantu tubuh dalam mengalirkan kadar asam urat yang tinggi melalui saluran urin. Sementara teh hijau akan membantu tubuh mengeluarkan semua limbah dan kotoran dalam tubuh yang bisa memicu kadar asam urat tinggi. Teh hijau juga bisa menurunkan kadar LDL karena mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Minum setidaknya dua cangkir teh hijau setiap hari akan membantu tubuh menjadi lebih sehat untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi.

Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi salah satu ikan yang masih bisa dikonsumsi untuk orang yang memiliki kadar asam urat tinggi. Ikan salmon mengandung kadar purin yang rendah sehingga masih aman untuk dikonsumsi, hanya saja tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Ikan salmon juga akan menurunkan kadar kolesterol tinggi karena kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk memerangi kadar kolesterol buruk di tubuh. Ikan salmon juga akan menurunkan resiko penyakit komplikasi yang biasanya sering terjadi pada penderita kolesterol tinggi seperti penyakit jantung dan stroke. Salmon juga akan meningkatkan perlindungan tubuh untuk mengatasi berbagai penyakit peradangan.

Susu Rendah Lemak

Semua jenis produk yang diolah dari susu rendah lemah dan susu rendah lemak juga bisa mengatasi kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi. Susu rendah lemak menjadi sumber protein yang menjadi sumber tenaga untuk tubuh namun memiliki kadar purin yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan asam urat. Bagi penderita asam urat dan kolesterol tinggi yang tidak mengkonsumsi daging dan makanan dari unggas, maka susu akan menjadi pilihan terbaik agar tubuh tetap sehat

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai 10 makanan penurun kadar asam urat, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Baca juga : Dampak Negatif Zat Aditif Pada Makanan Anak

Terus kunjungi situs http://obatherbalpenghancurbatuginjal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

10 Makanan Penurun Kadar Asam Urat

Simpan

Simpan